16/06/2024

DPRD Soroti Kasus Pekerja Tewas Dimangsa Harimau di Samarinda

0
Nidya Listiyono

Ketua Komisi II DPRD Kaltim, Nidya Listiyono

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Tewasnya seorang asisten rumah tagga (ART) yang di mangsa Harimau Sumatra di Samarinda banyak disoroti oleh berbagai kalangan. Satu diantaranya datang dari Ketua Komisi II DPRD Kaltim, Nidya Listiyono. Dikatakannya penanganan kasus tersebut tentunya akan diserahkan sepenuhnya kepada pihak berwenang. Dalam hal ini pihak kepolisian. Karena berkaitan dengan pidana hilangnya nyawa seseorang. Jadi harus sesuai ketentuan hukun yang berlaku.

BANKKALTIM DG

“Kasus ini pasti akan menjadi perhatian dari pihak kepolisian dan pemerintah daerah. Khusunya para pihak-pihak yang terkait,” ujar pria akrab disapa Tiyo ini, pada Senin (20/11/2023).

Dibeberkannya, kejadian itu harus dijadikan pembelajaran bagi masyarakat dan pihak terkait. Karena pemeliharaan binatang, terutama binatang buas ini harus mengikuti aturan yang sudah ditentukan. Sehingga tidak sembarangan dalam memelihara hewan berbahaya. Apalagi hewan tersebut binatang yang dlindugi dan spesiesnya menuju kepunahan.

“Kejadian ini sangat berbahaya. Apalagi ini binatang buas. Jadi harus ada pengawasan dan regulasi terkait hewan-hewan ini. Tentunya perlu diperhatikan dengan benar,” urai Nidya lagi.

Politisi Partai Golkar itu juga meminta perhatian pada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim untuk turun ke lapangan. Guna melakukan pemeriksaan jika ada isu atau tidak ada izin. Terkait pemeliharaan hewan, khususnya satwa liar dan kategori buas. Terlebih pemeliharaanya jauh dari kata standar kehidupan keseharian hewan tersebt di alam.

“Harus lebih berhati-hati dalam mendatangkan hewan-hewan langka. Tentunya perlu ada izin yang lengkap. Sehingga kejadian serupa tidak terulang. Jadi perlu ada pengawasan dan pengecekan langsung, jika ada yang melakukan permohonan soal itu,” pungkas Nidya Listiyono. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan