21/02/2024

Dispora Siap Sukseskan Kejurnas Menembak Piala Gubernur Kaltim 2023, Ajang Promosi IKN Pada Atlet Nasional

0
Dispora Kaltim-Kejurnas Menembak

Dispora dan Perbakin berkolaborasi dengan semua pihak sukseskan Kejurnas Menembak Piala Gubernur 2023.

DISPORA KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) akan menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) menembak 2023. Pertandingan dari Dispora ini akan berkolaborasi bersama pengurus Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Kaltim. Kolaborasi kedua pihak tersebut dalam rangka pelaksanaan Kejurnas Piala Gubernur Kaltim yang akan diselenggarakan selama 6 hari. Tepatnya akan dihelat di lapangan tembak Manggar Balikpapan, selama 6 hari. Dibuka dari tanggal 14 sampai 19 November 2023.

BANKALTIM EMAS

“Kami akan menyukseskan Kejurnas Menembak Piala Gubernur 2023 ini di Balikpapan. Kami mengajak semua pihak terkait selain Perbakin untuk berpartisipasi. Persiapan juga kita sudah matangkan, agar perlombaan lancar dan sesuai rencana panitia,” jelas Kepala Dispora Kaltim, Agus Hari Kesuama (AHK).

Panitia Kejurnas, Ervinna Jannse Kolibu mengatakan. Pihaknya akan mempertandingkan bidang target sebanyak 10 kelas tanding. Kemudian bidang berburu sebanyak 11 kelas tanding.

“Jadi yang dimainkan itu dari bidang target dan bidang berburu. Untuk bidang target itu ada 10 meter air pistol,” kata Ervinna, Sabtu (11/11/2023).

Lanjut Ervina, selanjutnya ada bidang target 10 meter air riffle yang dimainkan. Kemudian kategorinya ada stand up reguler dan senior sama youth. Kemudian pertandingannya tersebut ada individu, tim dan mix tim.

Ervina memguraikan, kegiatan ini sebagai bentuk event tahunan. Jadi rutin diselenggarakan sejak tahun 2022 lalu. Bahkan menjadi ajang Pra PON kedepannya. Hal ini membuat para atlet bisa smeakin mahir dalam memainkan pertandingannya.

Kepala Dispora Kaltim, Agus Hari Kesuma (AHK) mencoba senapan di Kejurnas Menembak Piala Gubernur 2023

“Harapannya ini jadi agenda tahunan untuk Perbakin Kaltim mengadakan kejuaraan menembak. Kedepannya mudah-mudahan dengan diadakannya secara rutin bisa menjadi kualifikasi PON juga berikutnya,” ujar Ervina.

Ia juga membeberkan, Kejurnas ini sebagai momen untuk memperkenalkan IKN kepada
para peserta. Terlebih bagi atlet nasional luar daerah Kaltim. Karena dipastikan mereka sebagai peserta luar daerah yang datang dinilai pasti akan penasaran. Pihaknya juga berharap peserta juga bisa dibawa ke titik IKN juga.

“Kejurnas ini banyak manfaat dominonya. Karena sebagai ajang mengenalkan IKN pada atlet luar daerah. Kita jadwalkan mereka bisa mengunjungi kawasan yang akan diresmikan menjadi Ibu Kota Megara (IKN) Nusantara pada 2024 mendatang,” pungkas Ervina. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan