13/07/2024

DPRD Soroti BUMD Masih Minim Kontribusi dalam Peningkatan PAD Kaltim

0
Agiel Suwarno.

Angota Komisi II DPRD Kaltim, Agiel Suwarno.

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda – Badan Usaha Milik Pemerintah (BUMD) atau Perusahaan Daerah (Perusda) di Kaltim diniliai DPRD Kaltim kontribusinya dalam menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) masih minim. Ungkapan ini disampaikan langsung oleh Angota Komisi II DPRD Kaltim, Agiel Suwarno. Dikarenakan kontribusi BUMD pada PAD kurang optimal, sehingga di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dinilai juga masih minim.

BANKKALTIM DG

“Karena BUMD ini saya katakan memiliki peran yang penting. Jadi kami dorong supaya ada peningkatan kinerja. Dengan begitu mampu meningkatkan PAD di Kaltim,” kata Agiel belum lama ini.

Legislator PDIP ini juga menyoroti sub sektor UMKM, Menurut Agiel usaha mikro kecil dan menemgah (UMKM) ini juga perlu mendapatkan perhatian serius dari Pemprov. Seperti bantuan modal, pendampingan hingga bantuan peralatan. Ia menilai tidak sedikit UMKM yang tidak terjamah jangkauan dari Pwmemprov Kaltim melalui dinas terkait. Dicontohkannya adalah UMKM di Kutim dan Berau yang jauh dari akses kota.

“Pemprov harus bisa menciptakan program kerja. Terutama yang bisa mendorong peran UMKM di Kaltim,” seru Agiel.

Politisi dari darrah pemilihan (Dapil) Kutim, Bontang, Berau ini juga memberikan saran pada Pemprov dan dinas terkait. Untuk memperkenalkan UMKM yang ada di Benua Etam secara masif. Diyakininya dengan peromosi tidak menutup kemungkinan UMKM Kaltim bisa dikenal hingga manca negara.

“Dan kalau dilihat dari segi anggaran, kita sangat mampu untuk menghadirkan program seperti itu. Misalkan, dengan melibatkan UMKM kita di pameran luar negeri, atau lainnya,” urai Agiel Suwarno.(Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan