21/02/2024

Dispora Update Staf PPID dengan Pelatihan Narasi Membuat Berita Publikasi Kegiatan

0
Dispora Kaltim-Pelatihan Membuat Berita

Pelatihan membuat narasi berita oleh PWI pada puluhan staf PPID Dispora Kaltim agar makin paham dalam mepublikasikan sebuah informasi untuk masyarakat.

DISPORA KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Pegawai di lingkungan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim pengetahuan dan kemampuanya terus di update. Terutama dalam membuat narasi berita publikasi tentang berbagai kegiatan Dispora Kaltim. Pelatihan yang dihelat di Kantor Dispora Kaltiim awal November ini menghadirkan Wiwid Mahendra selaku Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim. Wiwid sengaja diundang sebagai narasumber untuk memberikan materi tata cara menulis narasi menjadi sebuah berita. terutama berita yang layak konsumsi dari kelembagaan kepada masyarakat umum.

BANKKALTIM DG

Pelatihan tata cara membuat narasi berita ini dikhususkan bagi pegawai bidang Penajabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) serta bidang lainya di Dispora Kaltim. Sehingga mereka lebih paham tentang tugas dan fungsi pokok kinerjanya di PPID. Dengan begitu semua kegiatan yang dilaksanakan Dispora bisa terpublikasi dan dokumentasi secara baik serta proporsional.

”Tata cara menulis berita ini ada berbagai tahapannya. Terutama harus memenuhi unsur 5W 1H agar bisa menjadi sebuah berita. Kemudian juga harus mengambil gambar nyata saat kejadian guna melengkapi sebuah berita,” jelas Wiwid dalam paparannya didampingi Sekretaris Dispora Kaltim, Sri Wartini di hadapan puluhan peserta pelatihan.

Tambah Wiwid, 5 W 1 H itu diantaranya. What-apa yang terjadi, Who-siapa yang terlibat dalam peristiwa itu, Why-mengapa hal itu bisa terjadi, When-kapan peristiwa itu terjadi, Where-dimana peristiwa itu terjadi, How-bagaimana peristiwa itu terjadi. Selanjutnya di era moderen sekarang ini dalam menulis berita dihimbau Wiwid sebagai PWI agar mengutamakan juga 2S selain 5W 1H. Yakni dilarang menulis berita mengandung unsur SARA dan harus safety-aman agar tidak tersandung UU-ITE. Acara jga diselingi dengan tanya jawab.

”Selama berita itu untuk menyebarkan informasi serta dokumentasi kegiatan akan banyak mendapatkan respon positif. Terlebih guna mengajak masyarakat ke arah lebih baik,” kata Wiwid.

Sri Wartini dan Wiwid Mahendra saat memberikan arahan pada peserta pelatihan dari staf PPID Dispora Kaltim

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman Rading mewakili Kepala Dispora, Agus Hari Kesuma (AHK) menyampaikan. Bahwa pelatihan tersebut memang harus dilakukan. Karena para pemuda khususnya bagian kehumasan PPID Dispora Kaltim itu harus paham terkait penulisan berita. Untuk disebarkan ke masyarakat secara umum. Sehingga masyarakat dan pembaca tau berbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh Dispora Kaltim.

“Ya mereka juga harus terus dilatih. Untuk merefresh pengetahuan dan makin paham. Sehingga tulisannya menjadi bagus,” ujar Rasman, Selasa (14/11/2023).

Rasman menuturkan, pelatihan penulisan berita itu penting. Guna meningkatkan kinerja pegawai. Terutama dalam memberikan informasi dan publikasi yang berkualitas kepada masyarakat.

Jadi diuraikannya bukan hanya wartawan saja yang pintar nulis. tetapi para Staff Dispora Kaltim, khususnya bidang PPID juga harus bisa mengolah kata menjadi berita untuk di informasikan secara luas.

“Semoga para pegawai bisa meningkatkan kinerjanya. Sehingga mereka mampu memberikan kualitas lebih pada penulisan berita yang akan di publikasikan,” pungkas Rasman. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan