28/02/2024

SDA Kaltim Bukan Pertambangan Saja, Kata Agiel Ada Sektor Kelautan dan Perikan Berpotensi Besar

0
Agiel Suwarno

Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Agiel Suwarno

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Kalimantan Timur (Kaltim) ini dikenal banyalk memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang sangat melimpah. Selain di sektor pertambangan, sumber daya alam Kaltim yang juga melimpah ada di bidang kelautan dan perikanan. Tetapi sayangnya, pemerintah belum memberi dukungan serius. Terutama dalam pengembangan di kedua sektor tersebut. Ungkapkan itu dilontarkan oleh Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Agiel Suwarno.

BANKALTIM EMAS

Dikatakan Agiel, contohnya di Berau. Daerah ini merupakan sebagai salah satu daerah yang memiliki potensi perikanan yang cukup potensial. Namun hingga saat ini belum mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah provinsi.

“Bidang perikanan ini perlu dikembangkan dan di dorng. Karena memiliki potensi yang luas di pesisir Kaltim. Terlebih jalur pantai Kaltim ini cukup panjang di Selat Makassar. Tetapi belum ada perhatian khusus,” jelas Agiel, Senin (20/11/2023).

Dirinya juga mengaku baru saja sempat bertandang ke Berau. Dikatakannya disana ada banyak pengusaha atau juragan ikan yang memiliki pangsa pasar yang luas. Hal ini tentunya jika digarap maksimal akan mendatangkan pendapatan asli daerah (PAD) bagi Kaltim.

“Misalnya para pengepul-pengepul udang lobster. Ternyata mereka selama ini belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah untuk pengembangan usahanya,” urai Agiel lagi.

Dikatakan Politisi PDIP ini, udang lobster di Kaltim menjadi salah satu komoditas andalan para nelayan. Karena nilai ekonomis cukup tinggi di pasaran. Namun karena kurangnya sokongan dari pemerintah, membuat sektor ini belum bisa berkembang sesuai potensinya.

“Jadi ini merupakan potensi luar biasa dika dimaksimalkan. Mereka ini perlu dibantu, dan dorong. Supaya pangsa pasar mereka lebih luas lagi,” ujar Agiel Suwarno. (Adv/Adm1).

Tinggalkan Balasan