30/05/2024

Muhammad Samsun Reses Silaturahmi dan Serap Aspirasi Warga Petani Kukar

0
Muhammad Samsun

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun, saat bersilturahmi dan menyerap aspirasi masyarakat Kutai Kartanegara (Kukar) di Kecamatan Loa Kulu

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Kukar- Muhammad Samsun, Wakil Ketua DPRD Kaltim, kembali melakukan kegiatan Reses Masa Sidang III di 2023. Kali ini Politisi PDIP tersebut menyerap aspirasi masyarakat di Daerah Pemilihan (Dapil)-nya. Yakni Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Tepatnya di Jalan Houling Asta Minindo KM 6, Gang Usaha Tani, RT 12, Kecamatan Loa Kulu.

BANKALTIM EMAS

Samsun menjelaskan bahwa masyarakat banyak menyampaikan keresahannya. Satu diantaranya perihal luas lahan untuk pertanian yang belum digarap maksimal. Dikarrnakan ada beberapa faktor yang menyebabkan kurang maksimal itu. Satu diantaranya belum ada saluran irigasi dan ketersediaan pupuk untuk pertanian.

“Irigasi belum ada, sehingga lahan pertanian 100 hektar lebih belum tergarap. Ini yang dikeluhkan oleh masyarakat,” jelas Samsun.

Lanjut Samsun, dalam pertemuannya dengan warga itu, terdapat dua kelompok tani (Poktan). Satu diantaranya Poktan Parahyangan. Mereka juga menyampaikan aspirasinya pada Samsun.

“Dalam serap aspirasi itu Samsun juga melihat lokasi luas dan potensi pertaniannya. Saya sempat mengunjungi. Yang menarik perhatian adalah kebun alpukat dan jambu kristalnya,” urai Samsun.

Karena nilai kebermanfaatan dari buah alpukat sangat besar sekali. Juga bisa dijadikan berbagai olahan cemilan yang mempunyai nilai ekonomi tinggi di pasaran. Sehingga bisa meningkatkan perekonin warga sebagai petani.

“Semua permasalahan yang menjadi kekhawatiran dan keresahan masyarakat akan diakomodir. Ditampung untuk dapat terealisasikan,” tegas Samsun.

Kebutihan mendasar para petani itu terutama berupa bantuan pupuk, pembangunan irigasi. Kemudian sarana dan prasarana pertanian, maupun peningkatan jalan usaha tani.

”Disinilah peran kita sebagai wakil rakyat hadir untuk menjembataninya. Sebagai fungsi dewan akan mengakomodir keluhan warga dan akan di realisasikan melalui mekanisme yang ada,” pungkas Samsun,(Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan