17/04/2024

Kepala Daerah Diajak Sutomo Jabir Wujudkan Pencanangan Kota Bebas Lubang Tambang

0
Anggota Komisi III DPRD Kaltim, Sutomo Jabir

Anggota Komisi III DPRD Kaltim, Sutomo Jabir

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Para kepala daerah di Kaltim tingkat kota dan kabupaten untuk wujudkan pencanangan kota bebas lubang tambang banyak mendapat dukungan. Satu diantara dukungan itu dari Anggota Komisi III DPRD Kaltim, Sutomo Jabir.

BANK KALTIM KPR

Dukungan dari anggota dewan itu diberikan bukan tanpa alasan. Karena dikatahui di Kaltim sebagai daerah penghasil sumber daya alam (SDA) penambangan batu bara. Sehingga wajar jika lubang bekas tambang banyak di Benua Etam ini. Hal ini sejalan dengan komitmen Pemprov Kaltim dalam memberikan perhatian terhadap SDA yang penting bagi keberlangsungan hidup masyarakat Kaltim.

“Untuk mendukung rencana mulia itu, perlu ada kolaborasi dari seluruh pihak. Mulai dari pemerintah, stake holder terlait hingga ke lapisan masyarakat,” kata Sutomo Jabir belum lama ini.

Pihak terkait itu, ujar Sutomo Jabir seperti dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Mulai dari lingkungan Pemprov Kaltim dan juga kabupaten atau kota. Harus bersama bahu-membahu dalam mewujudkan rencana tersebut.

Maka Politikus PKB ini menyarankan semua instansi terkait untuk mampu menangani segala macam permasalahan SDA di Benua Etam. Agar wacanapencanangan kota bebas lubang tambang bisa terwujud.

“Kaltim kaya akan SDA. Jadi mereka (OPD) bisa saling berkolaborasi dengan kepala daerah untuk mendukung program ini. Agar sebuah wilayah terbebas dari lubang tambang yang menganga,” tandas Jabir.

Lubang tambang ini jadi permasalahan klasik. Jadi Sutomo Jabir menekankan pemerintah untuk segera mengatasinya. Kemudian juga tidak lupa untuk menekan angka kemiskinan ekstrem.

Satu diantaranya bahwa program Rumah Layak Huni (RLH) yang digagas Pemprov Kaltim dinilainya snagat bermanfaat. Terutama bagi warga miskin. Sehingga RLH ini perlu dilanjutkan sampai merata di pelosok Kaltim. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan