29/05/2024

Kontingen Kempo Kaltim Wakili Indonesia, Raih 4 Emas di Kejuaraan Dunia Tokyo Jepang

0
Kempo Kaltim

Kontingen Kempo Indonesia boyong 4 emas, 3 perak, 5 perungu, totalnya 12 medali dari kejuaraan dunia Tokyo Jepang. 2 emas disumbangkan oleh atlet kempo asal Kaltim.

DISPORA KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda – Kabar menggembirakan kembali di torehkan dunia olahraga Indonesia di ajang kejuaraan dunia. Yakni atlet kempo asal Kaltim mewakili Indonesia meraih emas di Kejuaraan Dunia 2023 World Taikai, Tokyo Jepang. Sedikitnya ada 4 medali emas disumbangkan untuk mengharumkan nama Indonesia.

BANKALTIM EMAS

Dalan ajam bergensi dunia ini sedikitnya ada sebanyak 41 negara yang bertanding. Namun kontingen Indonesia berhasil duduk sebagai juara kedua. Dengan catatan mampu merebut empat emas, tiga perak dan lima perunggu. Total ada 12 medali yang diboyong Kontingen Kempo Indonesia dari 19 nomor pertandingan.

Ketua Umum (Ketum) Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Kaltim, Iskandar mengaku sangat senang dan bangga. Atas raihan para anak asuhnya itu sesuai harapan. Indonesia mempu meraih 4 emas, dua diantaranya dari Kaltim.

“Posisi Indonesia dibawah Jepang. Uakni ada di urutan kedua. Kaltim sendiri mengirimkan 32 atlet dari total 153 orang se-Indonesia. Tercatat Kaltim mengirimkan paling banyak atlet dibandingkan dengan beberapa daerah lain,” ujar Iskandar mewakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kaltim, H Agus Hari Kesuma.

Iskandar menguraikan, dari 32 atlet Kempo Kaltim yang dikirimkan, berhasil meraih 2 emas, satu perak dan dua perunggu. Artinya Kaltim menyumbang 5 medali dari total 12 medali.

Perolehan 2 medali emas asal atlet Kaltim itu dihasilkan oleh Aviva Amelia Iskandar dan Dinda Rizky Amelia. Mereka turun di nomor embu berpasangan putri kyu kenshi. Kemudian oleh Putra Gadang Mulia Gusti di nomor embu solo kyu kenshi.

Sedangkan 1 medali perak dari Yulia Sari dan Nur Indah Ekayati di nomor embu pasangan putri. Kemudian dua perunggu lainnya.

“Ada dua yang main dan lolos di BK PON menuju PON XXI Aceh dan Sumut kemarin diikut sertakan juga. Ini bisa jadi poin tambahan buat mereka,” terang Iskandar didampingi Manajer Tim Kenshi Indonesia, Rendi Solihin.

Pengurus Kempo Indonesia dan Manajer Tim Kenshi menyambut kedatangan para atlet kempo usai pertandingan kejuaraan dunia di Tokyo Jepang.

Kata Iskandar, Format pertandingan yang menjadi pembelajaran pihaknya. Yakni tuan rumah terlebih dahulu melakukan seleksi. Kemudian hanya menurunkan juara pilihan yang diturunkan untuk tanding.

Terang Iskandar, Kaltim selain ikut kejuaraan dunia, juga memeriahkan ajang rangkaian ulang tahun shorinji kempo ke-80 pada 2023 ini. Karena diacara ke-80 itu dirangkai dengan ujian kenaikan tingkat atau Dan-Grading. Diadakan di Honbu Todatsu, tempat kelahiran shorinji kempo. Kaltim mengirimkan 37 orang di ujian tersebut.

“Sedikitnya ada 500 peserta yang ikut, kalau dari Kaltim mengirimkan ada 37 orang yang ikut ujian. Alhamdulillah semuanya lulus. Saya sendiri ikut untuk ujian 5 setengah dan,” pungkas Iskandar. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan