28/05/2024

Kesiapan Logistik Pemilu Kutim Siap, Diapresiasi Pj Gubernur Kaltim

0
Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik didampingi Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman Tinjau logistik Pemilu

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik didampingi Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman dan jajaran Forkopimda saat meninjau kesiapan logistik pemilu. (Irfan)

AspirasiNews.id, Sangatta- Pj Gubernur Kalim Akmal Malik menilai Kabupaten Kutai Timur (Kutim), satu dari sekian kabupaten/kota lainnya yang sudah siap dalam menyukseskan jalannya Pemilu Serentak pada 14 Februari 2024 mendatang. Hal itu ia katakan usai memantau dalam kunjungan kerja (kunker) ke Kutim, Rabu (31/1/2024) lalu. Akmal Malik didampingi Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman dan jajaran Forkopimda Kutim. Mulai dari Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic, Dandim 0909/Kutim Letkol Inf Adi Swastika, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Rudi Iskandar, Kajari Kutim Romlan Robin hingga Ketua KPU Kutim Ulfa Jamilatul Farida.

BANKKALTIM DG

“Saya sudah lihat langsung, kesiapan logistik Pemilu Kutim. Ini sudah siap dan nanti H-5 hingga H-3 sudah didistribusikan ke daerah masing-masing,” tegasnya saat ditemui awak media.

Ia menambahkan untuk logistik yang terjauh ada di dekat perbatasan Berau. Yaitu di Kecamatan Biduk-biduk, yang berbatasan dengan Kecamatan Sandaran Kutim.

“Kita bersyukur teman Forkopimda seperti TNI dan Polri sangat totalitas mensupport dalam dukungan mengirimkan logistik ini di lapangan. Jadi artinya ini sangat membantu pergerakan daerah pedalaman yang sangat jauh. Saya ucapkan terima kasih dan mari kita berdoa agar pelaksanaan di hari H lancar dan tanpa hambatan,” urai Akmal Malik.

Sementara Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengatakan, jika PJ Gubernur Kaltim Akmal Malik memberikan apresiasi kesiapan Kutim. Karena sudah menyediakan gedung logistik yang representatif dan memberikan keamanan logistik. Seperti surat suara, bilik dan tinta untuk kebutuhan TPS.

“Karena Pemkab Kutim memilih gedung graha expo ini untuk membantu kelancaran persiapan distribusi logistik pemilu,” beber Ardiansyah.

Ditambahkan Ardiansyah, khusus logistik yang rawan itu terkait soal kondisi geografis saja. Karena aksesnya untuk menjangkau daerah tersebut cukup jauh.

“Ada dua daerah yang disebut KPU Kutim agak terkendala. Yakni di Desa Tanjung Mangkalihat dan Sandaran. Namun berkat koordinasi dengan jajaran Forkopimda dibantu dengan pihak swasta. Insya Allah logistik pemilu siap didistribusikan,” urainya.

Ardiansyah berharap ke depan pelaksanaan pemilu lancar dan ada peningkatan partisipasi pemilih tahun ini.

“Karena saya melihat KPU Kutim terus gencar mengkampanyekan kepada masyarakat. Terutama untuk gunakan hak pilihnya secara maksimal di Pileg dan Pilpres,” terangnya.

Senada, Ketua KPU Kutim Ulfa Jamilatul Farida melaporkan untuk surat suara yang rusak angkanya di bawah 2 persen. Menurutnya hal ini tidak mempengaruhi distribusi logistik pemilu.

“Karena sudah langsung diatasi secara cepat oleh pihak penyedia sebagai langkah antisipasi. Intinya kami sudah bergerak dan berkoordinasi,” ujarnya.

Sejalan dengan itu, KPU Kutim juga mengikuti arahan KPU Pusat yang telah menargetkan. Bahwa angka partisipasi pemilih Kutim di Pemilu Serentak 2024 bisa mencapai 77,5 persen.

“Harapannya, minimal angka tersebut dapat tercapai,” pungkas Ulfa. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan