13/07/2024

Hanya 33 dari 1.100 Perusahaan Berpartisipasi dan Raih Penghargaan Kukar CSR Award 2023

0
Ada 33 dari 1.100 Perusahaan Berpartisipasi dan Raih Penghargaan Kukar CSR Award 2023

Sebanyak 33 dari 1.100 Perusahaan Berpartisipasi dan Raih Penghargaan Kukar CSR Award 2023 oleh Sunggono (kemeja putih)

AspirasiNews.id, Tenggarong- Perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berjumlah sekitar 1.100. Namun sayangnya, yang aktif memberikan laporan dan perkembangan perusahaan hanya sekitar 33 saja. Jadi kontribusi ribuan perusahaan di Kukar untuk Kukar-pun menjadi pertanyaan. Hal ini terlihat saat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar bersama (DPMPTSP) Kabupaten Kutai Kukar menggelar Corporate Social Responsibility (CSR) Award IV Tahun 2023 pada Rabu (27/12/2023) di Gedung Putri Karang Melenu Kecamatan Tenggarong Seberang, Kukar.

BANKALTIM CMS

Yakni ada sebanyak 33 perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Kukar yang mendaftar dan mendapat penghargaan oleh Pemkab Kukar. Penghargaan itu diberikan kepada perusahaan yang aktif memberikan laporan dan perkembangan atas kinerjanya.

Berbagai perusahaan tersebut meliputi 10 perusahaan pertambangan, 6 perkebunan, 2 kehutanan, 5 migas. Lalu pembangkit tenaga listrik meliputi bidang societis, ekonomi dan biosphere.

Perusahaan-perusahaan itu diberikan plakat dan anugerah dalam acara CSR Award ke IV 2023. Untuk penghargaan bidang usaha perkebunan dan kehutanan diberikan kepada 6 perusahaan. Diantaranya PT Maju Kalimantan Hadapan (MKH), PT Teguh Jaya Prima Abadi (TJPA), PT Rea Kaltim Plantations (RKP), PT Prima Mitra Jaya Mandiri (PMJM), PT Agro Bumi Kaltim (ABK) dan PT Niaga Mas Gemilang (NMG).

Kemudian, anugerah bidang usaha Migas dan pembangkit listrik diberikan kepada 4 perusahaan. Diantaranya Eni Muara Bakau BV, PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT), PT Pertamina EP Sanga Sanga Field dan PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM).

Sebanyak 33 dari 1.100 Perusahaan Berpartisipasi dan Raih Penghargaan Kukar CSR Award 2023 untuk pembangunan daerah Kukar

Kemudian penganugerahan dan penghargaan bidang penanaman modal asing dan penanaman modal dalam negeri LKPM-Award diserahkan kepada 5 perusahaan. Yakni PT Sing Lurus Pratama(SLO), PT Jaya Mandiri Sukses (JMS), PT Insani Bara Perkasa(IBP), PT Adimitra Baratama Nusantara (ABN) dan PT Kutai Energi (KE). Terakhir, penghargaan kategori platinum CSR Award Tahun 2023 Kukar diberi kepada PT Multi Harapan Utama (MHU).

Acara Kukar CSR Award 2013 ini dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Sunggono yang mewakili Bupati Kukar, Edi Damansyah. Sunggono mengajak seluruh perusahaan di Kukar untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemkab Kukar. Termasuk juga masyarakat.

“Semoga ke depan program CSR Ini bukan hanya menggugurkan tanggung jawab terhadap masyarakat. Tetapi menjadi program tetap kita bersama. CSR ini juga merupakan strategi perusahaan dalam menjaga stabilitas dan gangguan di masyarakat,” kata Sunggono.

CSR Award sendiri merupakan acara yang diinisiasi oleh DPMPTSP Kukar dan sudah menjadi agenda rutin tahunan. Kepala DPMPTSP Kukar, Alfian Noor menyebut, CSR Award digelar untuk memberikan anugerah dan penghargaan. Terutama bagi perusahaan yang telah berkontribusi terhadap pembangunan daerah.

Sunggono memberikan penghargaa mewakili pemerintah Kukar pada 33 dari 1.100 Perusahaan yang Berpartisipasi meraih Penghargaan Kukar CSR Award 2023

CSR Award 2023 Kukar ini diselenggarakan dengan tema “Sinergitas CSR Membangun Kutai Kartanegara yang Inovatif, Berdaya Saing dan Mandiri”. Acara tersebut bertujuan melakukan sinergisitas program antara pemerintah dan dunia usaha. Dikarenakan sinergitas sangat diperlukan dalam melakukan akselerasi pembangunan daerah.

Alfian Noor menguraikan, bahwa penghargaan ini juga menjadi momentum bagi Pemkab Kukar dan seluruh perusahaan untuk saling menguatkan komitmen. Yakni mengenai berbagai program kerja yang dibuat dengan tujuan mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan bahagia.

“Sehingga lebih terarah pada pencapaian tujuan yang tertuang dalam visi misi Kukar Idaman,” jelas Alfian.

Acara dirangkai dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Rektor Unikarta, Tenggarong Ince Raden, dengan empat perusahaan. Diantaranya PT Multi Harapan Utama (MHU), PT Niaga Mas Gemilang (NMG) dan PT Mahakam Sumber Jaya (MSJ) dan PT Kutai Energi (KE). Tentang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) yang disaksikan Sekretaris Daerah Kabupaten Kukar, Sunggono. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan