13/07/2024

Samsun Motivasi Petani Kukar untuk Wujudkan Ketahana Pangan Bidang Pertanian

0
Muhammad Samsun

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun (dua kiri berdiri) abadikan momen bersama warga Gapkktan Prima Karya Temggarong Seberang

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Kukar, Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun memberikan motivasi kepada petani di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Agar mereka bersemangat mewujudkan ketahanan pangan lewat produksi pertanian. Samsun juga menyerahkan bantuan pertanian berupa pupuk, mesin panen, dan alat penunjang pertanian lainnya. Diserah terumakan kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Prima Karya Desa Suka Maju, Kecamatan Tenggarong Seberang, Selasa (21/11/2023).

BANKALTIM EMAS

Samsun menguraikan, bantuan pertanian itu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kukar dan bantuan keuangan dari Provinsi Kaltim. Samsun berpesan, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh petani. Terutama dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen mereka di Kukar untuk Kaltim.

“Kami bersyukur karena dapat memastikan para petani menerima bantuan pupuk, mesin panen, dan alat penunjang pertanian lainnya. Kami harapkan mereka mendapat manfaat dari bantuan tersebut. Semoga masyarakat kita, terkhusus di Kukar semakin sejahtera. Pembangunan semakin dirasakan dan bermanfaat,” jelas Samsun.

Samsun juga menyampaikan komitmen sebagai wakil rakyat Kaltim untuk memajukan sektor pertanian daerah. Ditegaskannya, Kaltim harus menjadi lumbung pangan yang mampu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Khususnya mempersiapkan migrasi besar-besaran dampak Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Sebagai wakil rakyat tentu kami ingin melihat petani kita berdiri di atas kaki sendiri (Berdikari). Kadi harus mandiri dan sejahtera dengan hasil pertanian yang dipanen tutin,” ujar Samsun pagi.

Legisltaror PDIP ini mengimbau petani penerima bantuan agar menjaga peralatan dan menggunakan bantuan yang diberikan secara optimal. Ia juga mengingatkan petani untuk tetap menerapkan protokol keselamatan dalam menjalankan aktivitas pertanian.

“Kami harap bantuan tersebut bisa mendorong semangat para petani. Kemudian agar tidak disalahgunakan,” jelas Samsun.

Samsun jug mengapresiasi kinerja Gapoktan Prima Karya yang berkontribusi dalam meningkatkan produksi padi di desa tersebut. Gapoktan Prima Karya itu merupakan salah satu gapoktan berprestasi di Kukar.

“Kami mengapresiasi kerja keras mereka dalam mengembangkan pertanian di desa ini,” ujar Samsun.

Selain menyerahkan bantuan pertanian, Samsun juga memeriksa jalan desa yang baru saja dicor di wilayah RT 14 Desa Suka Maju, Tenggarong Seberang, Kukar. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan