29/05/2024

Mobil Baru Beli, Apes Dibakar Pria ODGJ

0
Mobil Baru dibakar di Nunukan

Kondisi mobil Toyota Calya terparkir di tepi jalan gang masuk si pemilik usai dibakar pria ODGJ.

AspirasiNews.id, Nunukan- Mobil Toyota Calya bernomor polisi KU 1023 N rusak cukup parah di bakar orang. Diketahui pemiliknya adalah warga Nunukan, Kalimantan Utara. Apesnya, mobil ini baru dibeli hitungan hari, dan belum sampai satu bulan. Namun sudah teronggok di pinggir jalan gang depan rumah si pemilik. Baru diketahui perusah dan pembakar mobil baru ini adalah pria diduga Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), Senin (13/11/2023.

BANKALTIM EMAS

Pemilik mobil itu adalah Sulhatta yang di Jalan Sei Menteri, Nunukan Barat, Nunukan. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 03.40 Wita dini hari ini tadi.

“Saya lagi asik tidur, tiba-tiba dengar suara warga teriak kebakaran, mobil terbakar. Lalu saya bangun keluar rumah, melihat mobil sudah dibakar,” kata Sulhatta.

Dalam keadaan panik, Sulhatta bersama warga hanya bisa memadamkan api dengan cara menyiramkan air. Api yang membakar mobilnya padam sekitar 30 menit kemudian. Meski demikian dia sempat menghubungi petugas pemadam kebakaran.

KONDISI akibat pembakaran mobil baru oleh ODGJ di Nunukan ini cukup parah.

Sulhatta bergegas memeriksa rekaman kamera CCTV yang terpasang di depan rumahnya. Dari rekaman itu terlihat terduga pelaku pembakaran mobilnya adalah pria berinisial DUL, yang memang kerap berkeliaran di sekitar rumahnya.

“Rekaman CCTV terlihat jelas pelaku membakar mobil yang terbungkus cover body. Ketika api menyala dia pergi menjauh,” ujar Sulhatta.

Sulhatta menjelaskan, awalnya pria itu membakar bagian arah depan. Melihat kobaran api tidak membesar, DUL yang sudah pergi menjauh terlihat kembali lagi membakar bagian samping mobil yang terbungkus body cover berwarna silver.

Sulhatta sendiri mengaku tidak memiliki persoalan pribadi ataupun masalah lainnya dengan DUL. Sebab menurut warga, DUL akan marah ketika ada orang yang tidak disukainya. Rasa dendam inilah yang sering diperlihatkan pelaku kepada orang yang dibencinya.

MOBIL baru dibeli ini pangsung teronggok di pinggir jalan gang masuk rumah sipemiliknya karena rusak parah.

“Saya heran apa dosa saya? Perasaan saya tidak punya masalah sama DUL. Sering dia lewat depan rumah, tapi tidak menunjukkan sikap marah,” sebut Sulhatta.

Pelaku juga diketahui pernah berapa kali tidur di rumah tetangga yang berada bersebelahan dengan rumah Sulhatta, persis berdekatan dengan posisi mobil Sulhatta yang terparkir di pinggir jalan dalam gang.

Melihat mobilnya mengalami kerusakan usai dibakar, Sulhatta pasrah dan berharap diler dan asuransi dapat memperbaiki. Sebab lanjut Sulhatta, mobil yang dibelinya 29 Oktober 2023 belum sempat dilakukan pembayaran cicilan kredit.

“Rencana bulan ini servis pertama mobil dan bulan ini pula pembayaran angsuran kredit bulan pertama,” terang Sulhatta.

Sementara itu, Kapolsek Kota Nunukan AKP Karyadi membenarkan pelaku pembakaran adalah DUL warga Kecamatan Nunukan. Aksi pria berperawakan gemuk tersebut terekam oleh kamera CCTV di rumah pemilik mobil.

“Sudah kita amankan pelakunya. Tapi karena DUL ini ODGJ, tentunya tidak bisa diproses secara hukum,” terangnya.

Berdasarkan informasi dan catatan kepolisian, DUL pernah dua kali dilaporkan membakar mobil milik warga. Peristiwa pembakaran pertama dan kedua persis sama yaitu mobil dalam keadaan tertutup body cover.

Lokasi pembakaran mobil pertama dengan kedua tidak berjauhan. Di mana mobil pertama terparkir di depan toko jotun Jalan Sei Menteri. Sedangkan pembakaran mobil kedua terparkir di tepi jalan Gang H Janna, Sei Menteri.

ODGJ di Nunukan ini terlihat mulai melakukan pembakaran saat terlihat di rekaman CCTV warga sekitar.

“Seingat saya ada dua kali pembakaran mobil dengan pelaku yang sama. DUL kita amankan tapi bukan untuk proses hukum,” demikian Karyadi.(***/Adm1)

sumber : Niaga asia

Tinggalkan Balasan