29/05/2024

Jokowi Disambut Akrab Joe Biden di Gedung Putih Amerika Serikat

0
Jokowi-Joe Biden

Jokowi disambut hangat Joe Biden dengan jabat tangan erat dan salin lempar senyum di Gedung Putih Amerika Serikat. Tak lupa bendera merah putih juga terpampang di Gedung Putih

AspirasiNews.id, Whasington- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunjuni Amerika Serikat. Dia tiba di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, pada Senin 13 November 2023. Sekira pukul 16.20 Waktu Setempat (WS) atau Selasa 14 November 2023 pukul 04.20 WIB.

BANKKALTIM DG

Kedatangan Presiden Jokowi ini disambut hangat oleh barisan rapi dari pasukan kehormatan. Mereka sembari membawa bendera dari 50 negara bagian di Amerika Serikat. Terlihat saat iringan kendaraan Presiden Jokowi memasuki halaman Gedung Putih.

Setibanya di depan West Wing Portico, Presiden Jokowi kemudian turun dari kendaraan. Tentunya langsung disambut hangat oleh Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

Rombongan Jokowi saat tiba di Amerika Serikat menggunakan Pesawat Kepresidenan RI

Setelah kedua pemimpin negara ini bertemu ditandai dengan eratnya jabat tangan dan saling lempar senyum sapa. Kemudian mereka berdua jalan menuju Oval Office yang merupakan ruang kerja Presiden Biden di Gedung Putih. Di dalam kedua pemimpin ini melakukan pertemuan terbatas.

Setelah melaksanakan pertemuan terbatas, kedua Presiden kemudian menggelar pertemuan bilateral. Turut diikuti oleh delegasi dari masing-masing negara.

Jokowi sedikitnya membawa 7 menteri dalam kunjungan bilateral ke Amrerika Serikat untuk bertemu Joe Biden

Terlihat ada 7 menteri dan 1 duta besar yang mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungannya ke Gedung Putih. Diantaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir. Kemudian ada Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim.

Selanjutnya ada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif. Serta satu Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani.(*/Adm1)

Sumber : Humas Sekretariat Kabinet

Tinggalkan Balasan