28/05/2024

Seno Aji Dukung Batik Kaltim Bersaing di Pasar Nasional dan Fashion

0
Seno Aji

Seno Aji dukung Batik Kaltim produksi Kelurahan Tenun Samarinda Seberang bisa bersaing di pasar nasional dan masuk sebagai kebutuhan fashion

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Sentra Batik di Benua Etam mendapat perhatian serius dari DPRD Kaltim. Perhatian itu datang dari Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji. Menurut Seno, Kalimantan Timur memiliki berbagai kain batik dengan corak khas. Jadi penting sekali bagi masyarakat dan juga pemerintah untuk melestarikannya.

BANKKALTIM DG

“Kaltim ini kaya akan keanekaragamannya. Satu diantaranya batik. Kita punya beberapa ciri khas kain batik yang harus dilestarikan,” kata Seno Aji.

Ujar Seno, khusus di Samarinda sentra batik yang mendapat perhatian berada di kawasan Samarinda Seberang. Tepatnya di wilayah Kampung Tenun. Politisi Gerindra ini menyebutkan bahwa DPRD Kaltim telah menggelontorkan anggaran yang cukup. Supaya kampung tenun di Samarinda Seberang bisa kembali bangkit.

“Anggaran sudah diberikan kepada kampung tenun ini. Supaya kampung itu bisa kembali bangkit dengan kain batik khas yang mereka miliki,” urai Seno.

Di Samarinda Seberang ini dikenal dengan Kelurahan Tenun. Yakni daerah penghasil tenun kain Sarung Samarinda yang khas. Sehingga beragam tenun dihasilkan daerah ini sebagai ciri khasnya. Selain sarung juga ada batik.

”Daerah Tenun Samarinda Seberang ini sebagian besar warganya berprofesi sebagai penenun Sarung Samarinda dan batik. Ini sebagai ciri khas dan perlu dilestarikan serta di dukung agar hasilnya mampu bersaing di pasaran,” beber Seno Aji.

Batik Kaltim ini, ujar Seno dinilainya tidak kalah apik perbandingannya dengan batik dari daerah lain. Sebagai wakil rakyat dia sangat berharap besar batik asal Benua Etam dapat dikenal oleh seluruh kalangan di tanah air. Terlebih mampu mendominasi pasar nasional untuk kebutuhan fashion batik.

”Memang dalam memasarkan dan mengenalkan suatu produk di pasar nusantara maupun internasional tidaklah mudah. Perlu proses dan waktu. Namun dengan kerja keras dipastikan produk Batik Kaltim akan banyak dicari,” harap Seno Aji.(Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan