27/07/2024

DPRD Kaltim Mitra KPU, Dukung Persiapan Logistik Pemilu 2024

0
Jahidin

Komisi I DPRD Kaltim, Jahidin

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Komisi I DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) menyatakan dukungan penuh terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah. Terutama yang telah dlakukan KPU dalam mempersiapkan berbagai logistik Pemilu 2024 mendatang. Dukungan Komisi I DPRD Kaltim ini juga akan mendorong peningkatan anggaran Pemilu di daerah. Agar semua lancar dan tidak ada hambatan dalam proses penyelenggaraan Pemilu yang demokratis.

BANKALTIM CMS

Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua Komisi I DPRD Kaltim Jahidin. Dirinya mengungkapkan logistik Pemilu sangat fital. Seperti surat suara, kotak suara, bilik suara, tinta, dan peralatan pendukung lain-lainnya adalah faktor krusial. Yakni perlengkapan yang menentukan kesuksesan Pemilu.

“Logistik KPU harus tersedia dan terdistribusi dengan baik ke seluruh TPS. KPU harus memastikan logistik Pemilu memenuhi standar kualitas dan keamanan yang tinggi. KPU juga harus melakukan pengawasan dan pengamanan yang ketat terhadap logistik Pemilu ini,” jelas Jahidin belum lama ini.

Jahidin menambahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) maupun DPRD, selaku mitra KPU dan Bawaslu, akan memberikan dukungan penuh. Untuk memfasilitasi alat peraga-peraga pendukung Pemilu dan infrastruktur kelengkapan lainnya. Ia juga mengatakan, sebagai anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD, ia akan mengoptimalkan alokasi anggaran Pemilu di daerah. Sehingga semua bisa lancar dan sukses.

“Terkait kecukupan anggaran Pemilu di daerah, kekurangan itu pasti akan kami dorong untuk dibenahi. Saya di Badan Anggaran DPRD, tidak ada alasan KPUD tidak berjalan karena anggarannya kurang. Kita mendukung penuh,” tegas Jahidin.

Jahidin juga berpesan pada KPU daerah untuk segera mematangkan semua persiapan logistik Pemilu ini. Terutama di daerah-daerah terpencil, yang memiliki tantangan geografis cuup tinggi.
Karena Dikatakannya, akses jalan geografis di Kaltim ini tidak bisa disamakan dengan akses di Pulau Jawa yang bisa ditempuh dalam 24 jam.

“Kalau bisa didistribusikan tepat waktu dan persiapan logistik bisa 100 persen dalam waktu dekat. Jadi mulai sedini mungkin harus dipersiapkan. Sehingga pada saat pelaksanaan pemilihan itu tidak ada alasan kendala logistik,” jelas Jahidin lagi.

Legislator PKB ini berharap, KPU daerah bekerja secara profesional, transparan, dan akuntabel. Terutama dalam menyiapkan, dan mengelola logistik Pemilu 2024. Ia juga menekankan pada KPU daerah menjaga integritas dan kredibilitas. Sebagai instansi penyelenggara Pemilu harus independent dan netral.

“KPU harus mampu memberikan pelayanan yang prima kepada seluruh peserta dan pemilih Pemilu. KPU harus menjadi panutan dan contoh bagi semua pihak. Yakni dalam penyelenggaraan Pemilu yang demokratis dan berkualitas,” pungkas Jahidin. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan