28/02/2024

Kadispora Tegaskan 9 Dimensi SDI Kunci Sukses Keberhasilan Olahraga di Kaltim

0
Dispora Kaltim-Sport Development Index (SDI)

Suasana Dispora Kaltim mengadakan pelatihan membahas 9 dimensi Sport Development Index (SDI) belum lama ini. Diantaranya sumber daya manusia olahraga, ruang terbuka, literasi fisik, kebugaran, perkembangan pribadi, kesehatan, ekonomi, kinerja dan partisipasi.

DISPORA KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim), Agus Hari Kesuma (AHK) menjelaskan, bahwa terdapat sembilan dimensi dasar pada Sport Development Index (SDI). Sembilan SDI itu meliputi sumber daya manusia olahraga, ruang terbuka, literasi fisik, kebugaran, perkembangan pribadi, kesehatan, ekonomi, kinerja dan partisipasi.

BANKKALTIM DG

“Semua dimensi dasar itu dikumpulkan untuk menjadi data nasional. Kemudian diupayakan mewakili masyarakat indonesia yang senantiasa mendapatkan layanan dari kebijakan keolahragaan nasional,” jelas AHK, Jumat (3/11/2023).

Melalui SDI, pihaknya dapat melihat gambaran utuh berupa data dan informasi. Khususnya tentang kontribusi olahraga bagi pembangunan di Benua Etam. Sehingga bisa terlihat kaitannya antara olaharaga, kesehatan masyarakat dan pembangunan suatu daerah.

“Saya harap SDI dapat bermanfaat bagi kemajuan keolahragaan di Kaltim. Karena semua saling keterkaitan,” kata Agus lagi.

AHK sapaan akrab pria ini, meminta kepada seluruh kabupaten/kota di Kaltim agar merealisasikan SDI. Karena SDI sendiri merupakan indeks gabungan yang mencerminkan keberhasilan pembangunan olahraga.

Agus Hari Kesuma, Kepala Dispora Kaltim

“Saya berharap SDI ini menjadi pegangan dan memutuskan program apa yang tepat untuk dijalankan. Agar dapat meningkatkan nilai SDI di daerah masing-masing,” urai Agus lagi.

Menurutnya, metode keberhasilan pengukuran pembangunan keolahragaan mempunyai tiga pilar sebagai parameter. Pertama olahraga pendidikan, kedua olahraga masyarakat, terakhir ketiga yakni prestasi olahraga.

“Ini penting dalam perumusan berbagai kebijakan olahraga untuk mencapai visi dan misi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON),” ujar AHK.

Terakhir, dirinya menyampaikan jika olahraga merupakan salah satu instrumen penting. Terutama dalam menjaga kesehatan dan kebugaran. Sehingga saat masyarakat sehat semua aktivitas lancar dan pembangunan serta perekonomian juga meningkat.

“Selain itu juga berperan penting dalam pembangunan karakter bangsa. Kebutuhan masyarakat dan bermanfaat untuk mendinamisasi kehidupan yang lebih baik,” pungkas Agus Hari Kesuma. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan