28/05/2024

Tingkatkan Karakter Islami, 174 Siswa SD se-Sangsel Ikuti Pesantren Ramadan di Masjid Agung

0
174 siswa Sd se-Kecamatan Sangata Selatan Pesantren Ramadan

Momen ratusan murid SD di Sangata bersalaman dengan Bupati saat acara Pesantren Ramadan di Masjid Agung Al Faruq. (Wahyu)

AspirasiNews.id, Sangatta- Sebanyak 174 siswa-siswi dari sekolah dasar (SD) se-Kecamatan Sangatta Selatan (Sangsel) mengikuti kegiatan Pesantren Ramadan. Bertempat di Masjid Agung Al-Faruq selama dua hari, Sabtu (23/3/2024) dan Minggu (24/3/2024) lalu. Kegiatan bertema “Puasaku Totalitas, Ramadanku Berkualitas dan Belajarku Tuntas”. Diprakarsai Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sangatta Selatan.

BANK KALTIM KPR

Saat sambutan, Bupati Ardiansyah Sulaiman mengatakan betapa indahnya Bulan Ramadan. Maka dari itu harus diisi dengan agenda-agenda yang bermanfaat untuk mendapatkan pahala yang berlimpah. Seperti kegiatan Pesantren Ramadan yang diikuti ratusan anak-anak dan mereka siap mengikuti malam bina iman dan taqwa.

“Dengan kegiatan ini, anak-anak diberikan kesempatan untuk meningkatkan ilmunya. Juga kesempatan bagi para pendidik memberikan ilmu tersendiri dalam peningkatan iman dan taqwa,” ucap Ardiansyah dihadapan Perwakilan Kemenag Kutim Mustajib, Korwil Sangsel, pengawas sekolah, Kepala SD se-Sangsel dan siswa-siswi SD.

Tak lupa, orang nomor satu di Pemkab Kutim itu mengucapkan selamat terlaksananya kegiatan Pesantren Ramadan yang diinisiasi oleh KKG PAI dan MGMP Sangsel. Ardiansyah berharap kegiatan tersebut tidak hanya berlangsung dua hari saja, tetapi lebih lama. Siapa tahu anak-anak mendapatkan Lailatul Qodar. Karena tidurnya di masjid dan melaksanakan salat malam.

“Mari kita buka Pesantren Ramadan ini dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Disdikbud Kutim Mulyono mengapresiasi pelaksanaan Pesantren Ramadan tingkat SD se-Sangsel. Apalagi disisipkan dengan kegiatan malam bina iman dan taqwa di masjid yang sangat megah itu.

“Mudah-mudahan amal ibadah yang kita laksanakan selalu mendapatkan ridho dari Allah SWT. Terima kasih KKG PAI dan MGMP se-Kecamatan Sangsel yang telah mempersiapkan dan terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan M Basri mengatakan Pesantren Ramadan ini bertujuan untuk mengembangkan karakter islamiyah. Kususnya terhadap anak didik dan mengenalkan dunia ini luas, bukan hanya Sangsel. Juga mengenalkan salah satu ikon Kota Sangatta, yakni Masjid Agung Al-Faruq.

“Peserta Pesantren Ramadan ini diikuti sebanyak 174 siswa plus 19 pendamping dan 24 Guru PAI dari 14 sekolah se-Kecamatan Sangsel. Jadi total peserta sebanyak 218 orang,” bebernya.

Terakhir, ia berharap para siswa-siswi Pesantren Ramadan dapat mengambil pelajaran. Bahwasanya puasa itu bukan hanya sekadar menahan lapar dan dahaga saja. Melainkan ada perkara lain yang harus dilakukan oleh orang yang sedang berpuasa. Seperti salat berjamaah, membaca Al-Qur’an, zikir, hingga silaturahmi . Sehingga dengan aktivitas-aktivitas tersebut dapat membuat Ramadan mereka semakin berkualitas.

“Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan di pesantren kilat, merunut kepada materi dan teori PAI di sekolah. Sehingga mereka mendapatkan ketuntasan dalam pembelajaran PAI. Karena selama di sini semua yang telah mereka dapatkan di sekolah akan dipraktikkan secara langsung,” tambahnya. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan