28/05/2024

Komisioner KPU Kutim Baru Resmi Dilantik, Muafin Jabat Ketua

0
Komisioner KPU Kutim periode 2024-2029

Para Komisioner KPU Kutim yang baru saja dilantik KPU RI di Jakarta. (istimewa)

AspirasiNews.id, Jakarta- Sebanyak 5 anggota yang masuk dalam komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) resmi dilantik oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari. Bersamaan dengan 190 komisioner terpilih untuk masa jabatan 2024-2029. Terdiri satu KPU provinsi dan 37 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Bertempat di Gedung Praja Gambir Kantor KPU DKI Jakarta Lantai IV Jalan Budi Kemuliaan, Minggu (24/3/2024) lalu.

BANKALTIM CMS

Dari siaran pers yang diterima media ini, 5 anggota komisioner KPU Kutim itu diantaranya Siti Akhlis Muafin, Abdul Manab, Budi Wibowo, Hasan Basri dan Muhammad Indra. Sebagai Ketua KPU Kutim terpilih yakni Siti Akhlis Muafin.

Sesuai arahan Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari , Ketua KPU Kutim Siti Akhlis Muafin menegaskan seluruh komisioner diminta menyesuaikan ritme kerja dengan KPU RI. Terutama bagi mereka yang sebelumnya bukan anggota KPU.

“Kami dari KPU Kutim siap mengemban amanah. Selain itu, KPU di daerah melakukan persiapan yang matang dalam menghadapi pemutakhiran daftar pemilih menjelang Pilkada Serentak 2024,” singkatnya.

Sebelumnya, dalam sambutannya Ketua KPU RI Hasyim Hasyim Asy’ari mengungkapkan bahwa sengketa hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK) akan segera dimulai dalam waktu dekat. Namun, dia menyatakan tidak khawatir dengan banyaknya komisioner baru menjelang sengketa di MK.

“Sebagian besar KPU kabupaten/kota dan provinsi memiliki anggota dari periode sebelumnya. Tentunya memiliki pengetahuan mendalam tentang dinamika pemilu,” urainya.

Hasyim juga menyebut bahwa di KPU yang tidak memiliki anggota dari periode sebelumnya, terdapat komisioner baru yang memiliki pengalaman sebagai penyelenggara pemilu pada Pemilu 2024. Hal ini dianggapnya sebagai sumber memori dan pengetahuan yang dapat digunakan untuk mempertahankan hasil pemilu di MK. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan