27/07/2024

Kadispora Wacanakan Bentuk Akademi Olahraga, Fokus Peningkatan Prestasi Atlet Kaltim

0
Dispora Kaltim-Akademi Olahraha

Puluhan atlet Kaltim terus melakukan latihan di Gedung Serba Guna kompleks GOR Kadrie Oening Sempaja

DISPORA KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim) Agus Hari Kesuma (AHK) berencana membentuk sebuah Akademi Olahraga. Wacana itu guna meningkatkan prestasi olahraga di Benua Etam agar semakin melejit. Konsep ini muncul setelah AHK mengamati keberhasilan berbagai daerah dalam menguasai cabang olahraga (Cabor) pada Pekan Olahraga Nasional (PON).

BANKALTIM CMS

“Kita harus menciptakan sebuah akademi yang fokus pada industri olahraga dan pariwisata. Karena ini penting dan sumber daya manusia (SDM) Kaltim banyak yang berkualitas,” jelas Agus Hari Kesuma, Kamis (7/12/2023).

DIuraikan Agus, pihaknya pernah berkunjung ke daerah Jawa Barat (Jabar). Daerah tersebut telah membuktikan dirinya sebagai salah satu provinsi terkemuka dalam dunia olahraga Indonesia. Prestasi ini terlihat dari dominasi mereka dalam dua kali PON terakhir. Yakni PON 2016 di Jabar dan PON 2020 di Papua. Para atlet dari Jabar ini meraih gelar juara umum. Setelah AHK menelisik lebih dalam ternyata banyak akademi olahraga di Jabar. Sehingga kehadiran beragam akademi olahraga di Jawa Barat menjadi salah satu kunci keberhasilan tersebut.

“Untuk di Kaltim ini, kami ingin menciptakan situasi di mana atlet-atlet tidak hanya berlatih secara mandiri. Tetapi juga bersaing melawan diri sendiri dalam meningkatkan prestasi mereka,” jelasnya.

Diuraikan Agus Hari Kesuma, Dispora tengah berupaya mengembangkan sektor pariwisata olahraga dan industri olahraga. Satu diantaranya yakni, mendekatkan olahraga dengan masyarakat melalui berbagai program. Tetapi diakuinya, kendala rekrutmen atlet-atlet potensial masih belum terkoordinasi secara sentral. Sehingga masih perlu beberapa tahapan dan aksi untuk mewujudkan semua itu.

Agus Hari Kesuma-Kepala Dispora Kaltim
Agus Hari Kesuma-Kepala Dispora Kaltim

“Kami berharap bahwa dalam waktu dekat ini Dispora Kaltim dapat mencapai tingkat otonomi. Hal ini memungkinkan pihak Dispora untuk mengelola rekrutmen atlet secara lebih efisien,” ujar Agus.

Menanggapi peran Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), Agus Hari Kusuma mengakui pentingnya memiliki akademi olahraga yang mandiri. Dia mengusulkan agar DBON segera merencanakan dan mengimplementasikan akademi olahraga mereka sendiri.

Dalam hal fasilitas dan infrastruktur, Dispora Kaltim berkomitmen untuk berkoordinasi dengan DBON. Agar dapat mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas yang ada. Termasuk dalam hal pembayaran untuk penggunaan fasilitas olahraga tertentu.

“Pengembangan olahraga industri dan pariwisata adalah langkah penting menuju prestasi olahraga yang lebih baik. Kami berharap dapat bersinergi dengan semua pihak, terkait untuk mencapai tujuan ini,” pungkas Agus Hari Kesuma. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan