17/04/2024

Agiel Berharap Proyek Pembangunan Pelabuhan Kenyamukan Kutim Bisa Segera Rampung

0
Agiel Suwarno

Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Agiel Suwarno

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Pelabuhan Kenyamukan di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) proses pembangunanya terus mendapat perhatian. Terutama dari Anggota Komis II DPRD Kaltim, Agiel Suwarno. Dirinya terus memberikan perhatiannya, agar pembangunanya segera rampung. Hal itu dikarenakan, pembangunan proyek tersebut sudah dimulai sejak 2012 silam.

BANKALTIM EMAS

“Proyek ini sudah mulai dibangun sejak 2012. Dan, Pemkab Kutim sudah menganggarkan Rp 120 miliar. Dengan menggunakan sistem multi years contract,” urai Agiel belum lama ini.

Dinilai Agiel, pelabuhan itu memiliki fungsi penting bagi warga Kutim. Terutama untuk memudahkan akses transportasi laut dan keperluan logistik masyarakat lokal. Sehingga segala kebutuhan bisa diangkut dari pelabuhan itu. Kemudian diyakini bisa memangkas ongkos biaya pengiriman yang lebih murah.

“Saya yakin kalau pelabuhan itu rampung, otomatis akan memudahkan distribusi keperluan pokok dan material masyarakat. khususnya pendistribusian logistik dari luar daerah ke Kutim, Bontang, dan Berau, maupun sebaliknya,” beber Agiel lagi.

Pilitisi PDIP ini menambahkan wilayah perairan di Pelabuhan Kenyamukan itu masuk sebagai Tol Laut Jalur VIII. Juga masuk kategori proyek strategis nasional. Hal itu sudah ditetapkan oleh Presiden RI Joko Widodo sejak 2017.

“Letak pelabuhan ini sangat strategis, karena masuk dalam Jalur Laut Kepulauan Indonesia II. Maka akan mempermudah distribusi keperluan pokok dan material masyarakat setempat,” terang Agiel Suwarno.

Anggota dewan dari daerah pemilihan (Dapil), Bontang, Kutim, Berau ini menilai bahwa Pelabuhan Kenyamukan ini nantinya akan menjadi Ikon baru. Khususnya bagi Kabupaten Kutim. Juga akan berdampak positif, dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kami dari DPRD berharap pengerjaannya bisa segera selesai dan beroperasi. Karena akan banyak memberikan manfaatnya bagi masyarakat Kutim dan sekitarnya,” harap Agiel Suwarno. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan