13/07/2024

Dispora Dorong Terbitnya RAD, Acuan Lintas Sektor Berdayakan Pemuda Kaltim

0
Dispora Kaltim-RAD Repemudaan

Suasana kegiatan kepemudaan ddengan olahraga yang digelar di halaman Hotel Atlet GOR Kadrie Oening Sempaja.

DISPORA KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim terus berupaya meningkatkan kualitas pemuda di Kaltim. Agar para pemuda Kaltim tangguh, mandiri dan berdaya. Sehingga nilai Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Kaltim naik. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pemuda Benua Etam oleh Dispora Kaltim adalah melalui Rencana Aksi Daerah (RAD) tentang Kepemudaan.

BANKALTIM EMAS

Sebagai informasi, RAD ini merupakan acuan bagi semua pihak yang terlibat dalam pemberdayaan pemuda. Mulai dari pemerintah, perguruan, dan organisasi kemasyarakatan (Ormas). Jadi RAD ini mencakup pendampingan pemuda melalui lintas organisasi atau sektoral.

“Misalnya, jika ada perguruan tinggi yang ingin membina mahasiswanya. Mereka bisa memberikan informasi kepada kami (Dispora) agar dapat difasilitasi lebih lanjut,” jelas Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman Rading mewakili Kepala Dispora Kaltim, Agus Hari Kesuma (AHK), Rabu (08/11/2023).

Tambah Rasman, selain itu RAD ini akan memfasilitasi kerja sama antara institusi pendidikan. Mulai dari tingkat SMA/sederajat hingga Universitas atau perguruan tinggi.

Dalam hal ini, Dispora akan berperan sebagai pendamping dan fasilitator. Juga akan menjadi sumber data terkait jumlah dan profil pemuda di Kaltim. Sehingga kolaborasi lintas sektor ini diyakini bisa lebih cepat dalam melakukan pembinaan pada pemuda.

Pemberdayaan pemuda dengan berbagai kegiatan positif dan kebersamaan di suatu acara kemah

“Jadi saling bersambut. Dispora bisa membina sesuai dengan minatnya. Data pemuda juga akan lebih akurat dan terupdate,” ungkap Rasman.

Diakui Rasman, dirinya belum bisa memastikan kapan RAD ini akan selesai disusun dan diterbitkan. Kendati demikian, pihaknya akan terus berkomitmen melakukan pendampingan pemberdayaan pemuda. Karena harus ada aksi dulu baru hasilnya nanti mengikuti.

“Kami terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk pemuda sendiri. Kami berharap RAD ini bisa segera terbit dan memberikan manfaat bagi pemuda Kaltim,” harap rasman Rading. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan