29/05/2024

Selaras Nilai ESG, PAMA ABKL Komitmen Bantu Pemerintah Cegah Stunting untuk Generasi Emas Kukar

0

AspirasiNews.id, Loa Duri Ilir- PAMA ABKL kembali menunjukkan keseriusan serta komitmennya dalam mendukung upaya pemerintah. Terutama mencegah, sekaligus menurunkan prevalensi stunting pada bayi di Loa Janan, Kutai Kartanegara.

BanKaltimtara / Bank Kaltim-Kaltara

Kali ini, PAMA ABKL melalui Program CSR memberikan bantuan berupa 111 kotak susu balita dan 222 kotak bubur balita. Ditambah 5 kotak susu ibu hamil dan 5 botol suplemen vitamin untuk ibu hamil. Berlokasi di Posyandu Anisa Binaan CSR PAMA ABKL, Desa Loa Duri Ilir Rabu (1/11/2023).

“Angka stunting secara survei angka gizi, Kukar masih tertinggi di Kaltim, yakni sebesar 17 persen. PAMA ABKL sangat serius untuk menekan angka prevalensi stunting,” ujar Johanes Siregar, CSR PAMA ABKL.

AKSI nyata PAMA ABKL cegah stunting di Kukar untuk siapkan generasi emas begitu dirasakan warga di Posyandu Anisa Desa Loa Duri Ilir.

Johanes menguraikan, penurunan angka stunting menjadi fokus PT PAMA dalam membantu pemerintah. Yakni turut serta melakukan pencegahan stunting sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2021. Tentang Percepatan Penurunan Stunting yang holistik, integratif, dan berkualitas melalui koordinasi, sinergi. Juga sinkronisasi di antara pemangku kepentingan.

Stunting menjadi perhatian lantaran berdampak sangat buruk bagi generasi penerus bangsa. Kondisi ini umumnya terjadi akibat asupan gizi yang kurang, sehingga menyebabkan pertumbuhan bayi terganggu.

Agar angka stunting tidak melonjak, dibutuhkan upaya pencegahan serta penanganan yang efektif. Antara lain dengan intervensi perbaikan gizi baik balita dan ibu hamil, serta meningkatkan pengetahuan masyarakat. Khususnya kaum ibu, tentang optimalisasi pola asuh anak dan remaja.

Di samping itu, bayi juga mesti memperoleh asupan makanan tambahan selain ASI (air susu ibu) jika sudah berumur enam bulan. Dengan proporsi gizi yang cukup, maka penurunan stunting pada bayi diyakini bisa terwujud.

“Program yang sudah rutin berjalan untuk posyandu binaan PAMA ABKL saat ini adalah pemberian makan tambahan (PMT) yang setiap bulan disupport,” beber Johanes.

Seprinaldie Dept Head HCGS PAMA ABKL, menambahkan agenda pelatihan dan penyegaran kader posyandu juga salah satu program yang rutiap setiap tahun dilakukan PAMA ABKL. Bertujuan menyegarkan kompetensi para kader posyandu binaan serta mempererat silahturahmi antara perusahaan dengan kader posyandu.

“Kami harap bantuan dari CSR PAMA ABKL bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat yang membutuhkan di Posyandu Anisa Desa Loa Duri Ilir Kecamatan Loa Janan. PAMA ABKL akan selalu berupaya agar keberadaan perusahaan ini bisa berguna lebih banyak bagi masyarakat kita,” tutut Seprinaldi.

Ami Dalyanti, Ketua Posyandu Anisa sangat bersyukur dan berterima kasih kepada PT PAMA. Terutama perhatian dan bantuannya kepada para balita dan ibu hamil yang ada di Posyandu Anisa Desa Loa Duri Ilir.

“Harapannya agar perhatian dan program CSR dari PT PAMA bisa terus berkesinambungan di desa kami. Dari kami semoga PT PAMA semakin sukses dan jaya selalu,” harap Ami. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan