03/12/2023

Ahyar Muhammad Diah, Jadi Direktur Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) Periode 2023-2027

0

AspirasiNews.id, Jakarta- Ahyar Muhammad Diah, SE MM PhD Selasa (05/09/2023) resmi di lantik sebagai Direktur Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) Periode 2023-2027. Pelantikan dilakukan di Jakarta oleh Sekretaris Jendera (Sekjen) Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Suharti di Kantornya. Ahyar dilantik bersama 2 pimpinan kampus lain. Yakni Fatah Sulaiman sebagai Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayara (Untirta) Serang Banten dan Baharuddin sebagai Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Sumatera Utara (Sumut).

BanKaltimtara / Bank Kaltim-Kaltara

Sebelumnya pemilihan Direktur Polnes ini telah memasuki tahap akhir. Rapat senat tertutup untuk pemilihan direktur periode 2023-2027 ini diselenggarakan di Ruang Rapat Rektorat lantai 3 pada 28 Agustus 2023.

RAPAT Senat Tertutup pemilihan Direktur di Rektorat Polnes pada Agustus.

M Zainul Rohman SST MT Selaku perwakilan panitia seleksi (Pansel) menyampaikan pemilihan ini sudah berjalan mulai dari proses penjaringan bakal calon. Kemudian penyaringan bakal calon, pemilihan calon dan penetapan Direktur. Pemilihan direktur ini berlangsung dengan lancar, kondusif dan juga bermartabat.

LIMA calon direktur di tahapan penjaringan sebelum menyusut menjadi 3 kandidat.

Pada pemilihan tersebut 100% anggota senat yang hadir berjumlah 36 orang. Selain anggota senat terdapat 2 utusan Menteri. Sesuai dari Peraturan Menteri (Permen) bahwa Menteri 35% suara dan 75% senat. Perhitungannya Menteri 19 suara dan anggota senat masing-masing 1 suara dengan total 55 telah memasuki tahap akhir.

PELANTIKAN Ahyar M Diah (kanan) oleh Suharti bersama Fatah Sulaiman dan Baharuddin

Pada pemilihan tersebut 100% anggota senat yang hadir berjumlah 36 orang. Selain anggota senat terdapat 2 utusan Menteri. Sesuai dari peraturan Menteri bahwa Menteri 35% suara Menteri, 75% senat. Sehingga Menteri 19 suara dan anggota senat masing-masing 1 suara dengan total 55 suara.

Perolehan suara dari masing-masing calon yaitu Ir Ir Budi Nugroho ST MEng IPM dapat 7 suara, dan Abdul Muis MT memperoleh 11 suara. Kemudian Ahyar Muhammad Diah meraup suara terbanyak, yakni 36 suara. Kemudian ada abstain/rusak/tidak sah 1 suara.

AHYAR (kiri), Budi dan Muis melakukan pemilihan calon direktur secara kondusif dan bermartabat di Kampus Polnes.

“Semoga beliau bisa membawa Polnes lebih baik lagi dan bisa membuat unggul di tingkat nasional dan internasional. Bukti keunggulan itu yakni mahasiswa banyak meraih prestasi. Kemudian lulusan kita banyak diserap oleh tenaga kerja,” ucap M Zainul Rohman SST MT selaku Ketua Panitia dalam menyampaikan harapannya. (Adv/Adm1)

Video lengkap prosesi pelantikan dapat di saksikan disini

Tinggalkan Balasan