29/05/2024

Akmal Malik Pj Gubernur Kaltim 2023-2024

0

AspirasiNews.id, Jakarta- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik, Senin (2/10/2023). Pelantikan dilaksanakan di Sasana Bhakti Praja, Gedung C Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Atas dasar Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 87/P Tahun 2023. Tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur.

BanKaltimtara / Bank Kaltim-Kaltara

Pelantikan dihadiri mantan Gubernur Kaltim Isran Noor dan mantan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi. Mendagri Tito Karnavian melatik 2 Pj Gubernur sekaligus. Yakni Akmal Malik Pj Gubernur Kaltim juga Pj Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni.

“Saya berharap Pj Gubernur yang baru dilantik dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” kata Tito Karnavian saat memberi arahan usai pelantikan.

AKMAL Malik menandatangani berkas SK usai dilantik oleh Mendagri Titto Karnavian

Tito menitipkan beberapa pesan terkait pembangunan yang harus dilanjutkan dalam masa pelaksanaan tugas di 2023 ini. Hingga terpilihnya pejabat gubernur dan wakil gubernur Kaltim definitif tahun depan di 2024.

Pesan itu diantaranya penanganan stunting, kemiskinan ekstrem, pemilihan presiden (Pilpres). Kemudian pemilihan legislatif (Pileg), pemilihan kepala daerah (Pilkada) dan dukungan untuk sukses pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Saya juga mengingatkan agar Pj Gubernur Kaltim dan Sumsel bisa terus membangun hubungan baik dengan para bupati dan wali kota demi kelancaran tugas sebagai Pj Gubernur,” tambah mantan Kapolri itu.

AKMAL Malik menerima SK Pj Gubernur Kaltim dari Tito Karnavian usai pelantikan.

Pelantikan selain pada Pj Gubernur Kaltim, juga dilakukan pelantikan Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Kaltim, Yulia Zubir oleh Ketua TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian.

Acara dihadiri Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugiyanto, Sekda Provinsi Kaltim Sri Wahyuni.

AKMAL Malik didampingi Isran Noor dan Hadi Mulyadi abadikan momen bersmaa dengan Mendagri dan pejabat lainnya.

Tampak juga sejumlah kepala daerah di Kaltim. Diantaranya Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Wali Kota Samarinda Andi Harun dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin. Hadir pula mantan Ketua TP PKK Kaltim Hj Erni Makmur Hadi Mulyadi.

PELANTIKAN Akmal Malik sebagai Pj Gubernur Kaltim dihadiri para pejabat di Bumi Etam


PERJALANAN KARIER AKMAL MALIK

Akmal Malik kelahiran 16 Maret 1970 ini meraih gelar Diploma III dari STPD Jatinangor pada 1993. Kemudian melanjutkan Sarjana (S-1) Manajemen Pembangunan dari IIP Jakarta 1996. Pendidikan Magister Sains (S-2) Perencanaan dan Kebijakan Publik dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia di 2002. Kemudian gelar Doktor (S-3) Doktor Administrasi Publik Universitas Brawijaya pada 2021.

ISRAN Noor jabat komando dengan Akmal Malik usai pelantikan sebagi Pj Gubernur Kaltim

Akmal juga pernah menjabat sebagai Plt. Direktur Jenderal Otonomi Daerah sejak 1 Maret 2019. Sebelumnya, menjabat sebagai Sekretaris Ditjen Otonomi Daerah (2018-2019). Kemudian pada 9 September 2019 sampai saat ini Akmal Malik sebagai Direktur Jenderal Otonomi Daerah di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dirinya juga penah ditunjuk Presiden pada Mei 2022 sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) hingga 12 Mei 2023. Suami dari Yulia Zubir MEpid ini terhitung menjadi Pj Gubernur Kaltim, mulai 2 Oktober 2023.

Akmal bergabung di Mendagri khususnya Direktorat Jenderal Otonomi Daerah pada 2014. Tepatnya di Subbag Kepegawaian pada Bagian Perundang-Undangan dan Kepegawaian Setditjen Otonomi Daerah.

PELANTIKAN Ketua TP PKK Provinsi Kaltim, Yulia Zubir oleh Ketua TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian.

Sekedar informasi Akmal Malik, kelahiran Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat, akan menjadi Penjabat Gubernur Kaltim ke 4 sepanjang sejarah Pemprov Kaltim.

Pertama ada Yurnalis Ngayoh sebagai Pj Gubernur Kaltim dari 8 Desember 2008-10 Maret 2008 dan 10 Maret 2008-25 Juni 2008. Selanjutnya adalah Tarmizi Abdul Karim, Pj Gubernur Kaltim dari 3 Juli 2008-17 Desember 2008. Terakhir adalah Restuardy Daud, Pj Gubernur Kaltim dari 22 September 2018-1 Oktober 2018.(Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan