17/04/2024

PAMA KPC Ajari Desa Singa Gembara Padamkan Api

0

PAMA KPC Ajari Desa Singa Gembara Padamkan Api

PAMA cegah kebakaran di Desa Sinaga Gembara Kutim bagi para ibu dan pria saat terjadi kebakaran kecil di rumah dengan peralatan sederhana.

AspirasiNews.id, Sangatta -Desa Singa Gembara menggandeng PT Pamapersada Nusantara (PAMA) Site KPC Coal Mining Project, menggelar sosialisasi pencegahan bencana kebakaran untuk masyarakat. Sekaligus memberika praktek agar para peserta bisa memahami dan cepat sigap dalam penanganan kebakaran skala kecil.

Sosialisasi digelar di Kantor Desa Singa Gembera, Jalan Soekarno-Hatta Kutim, Sabtu (27/05/2023). Dihadiri langsung oleh Kepala Desa (Kades) Singa Gembara Hamriani Kassa, manajeman PAMA, dan beberapa perangkat desa. Adapun yang menjadi peserta yakni Ketua RT, Pengurus PKK, Posyandu dan masyarakat disekitar, dengan total keseluruhan peserta sebanyak 60 orang.

Manager CSR PAMA KPC Project Agung Dwi Ananto Jati menyampaikan, Bahwa kegiatan sosialisasi seperti ini merupakan agenda rutin dilaksanakan. Hari itu merupakan acara ketiga kalinya.

“Pertama di Kecamatan Bengalon selanjutnya Desa Swarga Bara. Yang ketiga kali ini di Desa Singa Gembara,” jelas Agung Dwi.

Dalam pelatihan tersebut, pihaknya memberikan beberapa materi. Mulai dari tata fara memadamkan api diatas wajan atau kompor menggunakan kain. Kemudian memadamkan api berskala kecil menggunakan alat Pemadam Api Ringan (Apar).

ANTUSIAS warga cukip tinggi. Dijadwalkan 30 peserta, namun yang hadir mencapai 60 warga untuk belajar cara memadamkan api di rumah.

“Kegiatan ini sasarannya adalah para ibu rumah tangga dan bapak yang sering beraktivitas dirumah menggunakan peralatan listrik di dapur. Jika ada bahaya ancaman kebakaran setidaknya warga bisa menangani dengan cepat selama memang masih berskala kecil,” sebut Agung.

Apabila kebakarannya berskala besar, masyarakat juga dapat mengetahui dan mengambil tindakan siapa yang harus dihubungi.

Kades Singa Gembara, Hamriani Kassa mengucap terima kasih kepada manajemen PAMA. Karena telah menggelar sosialisasi pencegahan bencana kebakaran bagi warganya.

“Alhamdulillah para peserta sosialisasi mengikuti kegiatan ini sangat antusias. Tadinya dijadwalkan 30 warga saja, namun yang hadir 60 orang,” ujar Hamriani.

Diharapkan pihaknya agar kegiatan seperti ini rutin diadakan. Selanjutnya juga ada pembekalan yang lain dari PAMA untuk warga Desa Singa Gembara.(adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan