29/05/2024

Balitbangda Kaltim Sosialisasi IPKD

0

Ajak SKPD Kelola Keuangan Secara Efektif, Efisin, Transparan dan Akuntabel

SUASANA Rapat Koordinasi IPDK dari Balitbangda bersama SKPD di Kaltim.

Samarinda, AspirasiNews.id – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kaltim, Senin (30/5) tadi pagi sukses melakukan sosialisasi Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD) pada berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Benua Etam.

Acara koordinasi dan silaturahmi serta menyamakan persepsi tentang IPKD setiap instansi ini dipusatkan di Aula Balitbangda Kaltim Jalan MT Haryono Samarinda. Kegiatan diikuti 30-an peserta dari para Kepala Bidang (Kabid) pemangku kebijakan pengelola keuangan SKPD itu dibuka oleh Plt Kepala yang juga Sekretaris Balitbangda Kaltim, dr H Fitriansyh.

FITRIANSYH membuka acara sosialisasi IPDK yang diikuti oleh para pemangku kebijakan di berbagai SKPD Kaltim.

“Kita undang berbagai SKPD terkait di Kaltim untuk membahas tata kelola dan pelaksanaan IPKD di Kaltim. Karena ini merupakan instruksi dari pusat dan sesui dari SK Gubernur. Yakni harus menyukseskan program pemerintah pusat di daerah dengan tata kelola keuangan yang sesuai peraturan,” jelas H Fitriasyh melalui Kabid Sisialisasi Pemerintahan (Sospem), Jonni pada AspirasiNews.id usai acara.

Jonni mengatakan dengan berbagai sosialiasi dan berbagai bimbingan teknis (Bimtek) bagi para SKP terkait itu pengelolaan keuangan bisa seragam serta wajar tanpa pengecualian (WTP). Mulai dari tingkat Kaltim hingga ke tingkat kabupaten kota singkron dan tidak ada kesalahan dalam pengelolaan keuangan.

Dengan begitu dipastikan IPKD akan mendapatkan penilaian maksimal. Mulai dari alokasi peruntukanya dan penyerapan anggaran yang tepat sasaran.

PESERTA serius menyimak pemaparan dari narasumber Balitbangda Kaltim.

Dalam agenda rapat koordinasi itu dilakukan berbagai pembentukan kelompok kerja (Pokja) untuk para SKPD. Agar bisa saling melakukan monitoring dan pengawasan bersama dalam melaksanakan pengelolaan anggaran di Kaltim.

JONNI saat memberikan arahan bagi peserta agar lebih paham pada IPDK.

“Tujuan IPKD ini untuk mengukur tata kelola keuangan daerah di Kaltim yang efektif, efisin, transparan dan akuntabel dalam periode tertentu. Memacu dan memotivasi SKPD di Kaltm dalam pengelolan keuangannya,” ujar Jonni.(adm1)

Tinggalkan Balasan