17/04/2024

Peliknya Kehidupan Pulau Gusung: Layanan Kesehatan Minim dan Pulau Terancam Tenggelam

0

– Pulau Gusung merupakan salah satu pulau berpenghuni di wilayah Bontang, Kalimantan Timur. Berada di sebelah utara Bontang, dengan jarak sekira enam mil dari daratan Kota Taman. Pulau ini masuk wilayah RT 03, Kelurahan Guntung, Kecamatan Bontang Utara. Dengan luas melintang 1.000 meter dan lebar 150 meter.

Ada sekitar 100 kepala keluarga dengan total 336 jiwa yang bermukim di pulau ini. Mereka kebanyakan bermata pencaharian sebagai nelayan. Pun 80 persen merupakan warga asal Mamuju, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang merantau ke Bontang.

Rumah-rumah penduduk di sana hampir semua bertipe rumah panggung, yang terbuat dari bahan dasar kayu. Di sana juga terdapat musala, Balai Pertemuan Umum, dan lapangan olahraga. Pulau Gusung bisa ditapaki dengan menggunakan akses laut, sekitar 15-20 menit dari Pelabuhan Tanjung Limau, Bontang.

Karena letaknya yang jauh dari daratan kota, segala keterbatasan pun harus dihadapi masyarakat sekitar. Mulai dari kebutuhan air bersih dan listrik yang sangat terbatas. Kemudian ketiadaan sarana dan perasarana kesehatan, serta sejumput persoalan lainnya.

Tinggalkan Balasan