28/02/2024

Kaltim Masih Banyak Jalan Rusak, DPRD Berharap Penanganannya Tepat Waktu

0
Veridiana Huraq Wang

Ketua Komisi III DPRD Kaltim, Veridiana Huraq Wang

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Banyaknya berbagai ruas jalan rusak di Kalimantan Timur (Kaltim) ini menuai kritik dan sorotan tajam. Terlebih tercatat ada 1.500 km jalan rusak di Benua Etam ini pada 2023. Atensi itu datang dari Ketua Komisi III DPRD Kaltim Veridiana Huraq Wang.

BANK KALTIM KPR

Veridiana menyebutkan masih banyaknya ruas jalan di Kaltim yang rusak ini dirinya sebagai wakil rakyat tidak tinggal diam. Sehingga pihaknya terus berupaya agar jalan nasional ini mendapatkan anggaran yang lebih besar, untuk perbaikannya. Terbaru sudah melakukan koordinasi dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBJPN) wilayah Kaltim. Untuk membahas upaya perbaikan infrastruktur jalan rusak di Kaltim.

“Kami terus selalu memperjuangkan bagaimana infrastruktur di Kaltim bisa terbangun dengan baik. Kami berharap banyak anggaran dari pemerintah pusat turun di Kaltim di 2024. Apalagi, Kaltim menjadi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara,” jelas Veridiana baru-baru ini.

Veridianan menambahkan, dari sekitar 1.500 kilometer jalan provinsi di Kaltim yang rusak dan akan diperbaiki di 2023 ini. Dengan dana APBN 2023 sebesar Rp 2 triliun. Wilayah yang mendapat prioritas perbaikan antara lain Kutai Barat (Kubar), Mahakam Ulu (Mahulu), dan beberapa kabupaten lainnya di Kaltim.

Urai Veridiana, selain anggaran tersebut. Ada juga dana sekitar Rp 8 triliun. Dialokasikan untuk pembangunan jalan di wilayah IKN Nusantara. Dipastikan di akhir 2023 ini akan ada banyak jalan diperbaiki oleh BBJPN.

Meski begitu, Veridiana juga mengkritik lambannya penanganan jalan longsor di Jalan Anggana Samarinda. Lantaran baru mulai diperbaikian setelah satu tahun terjadi. Namun pihaknya tetep mengapresiasi. Kemungkinan lambatnya penanganan tersebut dikarenakan ada hal teknis dan regulasi yang berlaku.

“Kalau saya melihatnya, warga terdampak longsor di Jalan Anggana Samarinda sangat memerlukan penanganan cepat dan tepat. Sudah setahun kejadiannya, baru mulai perbaikannya. Hal ini tidak boleh terulang lagi di tempat lain,” tandas Veridiana lagi

Legislator PDIP ini juga menyoroti dua lokasi lain yang masih dalam pengawasan. Tepatnya di kawasan Palaran dan Sambutan, Samarinda. Dirinya berharap perbaikan jalan di dua titik ini cepat selesai. Sesuai dengan rencana kerja dan anggaran yang telah ditetapkan.

“Saya yakin pemerintah pusat juga memperhatikan daerah. Demi mendukung pembangunan IKN dan kesejahteraan masyarakat Kaltim. Kami tetap optimis dan apresiasi. Ini sebagai masukan dan atensi dari aspirasi masyarakat,” pungkas wanita dari daerah pemilihan (Dapil) Kubar-Mahhulu ini. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan