21/02/2024

Dispora Terus Lakukan Upaya Pemberdayaan Pemuda Kaltim Melaui Berbagai Sosialisasi Kepemudaan

0
Dispora Kaltim

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim, Bahri (kanan) mewakili Kadispora AHK memberikan arahan pada kegiatan pemberdayaan pemuda di Balikpapan.

DISPORA KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim terus melakukan berbagai langkan dan upaya baru untuk memberdayakan pemuda di Bumi Etam ini. Dintaranya Sosialisasi Pemberdayaan Karang Taruna (SPKT) terus digelorakan. Terbukti kegiatan SPKT ini sudah di laksanakan pada, Jumat (10/11/2023) di Hotel Grand Tjokro, Sepinggan Balikpapan.

BANK KALTIM KPR

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim, Bahri menguraikan akan melakukan kegiatan serupa di berbagai daerah. Dalam waktu dekat. Setelah Balikpapan akan dilakukan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) pada 13 November 2023. Kegiatanya bernama pembekalan Sentra Pemberdayaan Pemuda Desa/Kelurahan (SPPDK)

“SPPDK merupakan inisiatif pertama dari Dispora Kaltim. Tentunya sesuai arahkan dari Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. Yakni untuk membentuk SPPDK hingga ke tingkat daerah,” jelas Bahri mewakili Kepala Dispora Kaltim, Agus Hari Kesuma (AHK).

Untuk proses SPPDK ini diterangkan Bahri, dimulai dengan pendataan pemuda. Melalui sensus pemuda. Selanjutnya pembuatan data spasial desa atau kelurahan. Tidak lupa keiatan ini melibatkan ihak kompeten. Yakni akademisi dari Institute Pertanian Bogor (IPB) Kota Bogor yang sudah bekerjasama dengan Kemenpora-RI.

“SPPDK memberikan data pemuda di desa atau kelurahan. Termasuk jumlah pemuda, yang putus sekolah dan yang bekerja. Hingga yang aktif dalam peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP). tentunya data ini dapat dimanfaatkan oleh pemangku kepentingan dalam program pemberdayaan pemuda,” ungkap Bahri.

Pemberdyaaan pemuda oleh Dispora terus dilakukan di Balikpapan-Kukar-Kubar dan Mahulu. Bertujuan untuk meningkatkan indeks pembangunan pemuda (IPP) yang masih di bawah ratarata nasional.

Bahri menegaskan, penting untuk dicatat. Bahwa SPPDK juga melibatkan pemuda setempat dalam proses pendataan. Mereka akan diberikan pembekalan, agar hasilnya akurat dan dapat diandalkan. Dengan beritu data yang dihasilkan dari SPPDK ini mampu menjadi dasar untuk pengambilan kebijakan. Termasuk klaster pelatihan kewirausahaan pemuda.

Selain SPKT di Balikpapan dan SPPDK di Kukar. Dispora Kaltim juga akan menggelar keiatan serupa di daerah lain di Benua Etam ini. Yakni Sosialisasi Pemberdayaan Pemuda (SPP) di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) dan Mahakam Ulu (Mahulu). tepatya pada tanggal 13-16 November 2023. Sosialisasi ini dianggap penting. Melihat data bahwa partisipasi dan kepemimpinan pemuda Kaltim masih di bawah rata-rata nasional.

“Berbagai kegiatan ini adalah upaya nyata dari Dispora Kaltim untuk peningkatan partisipasi dan kepemimpinan pemuda. Kami berharap melalui sosialisasi in pemuda dapat lebih memahami urgensi pemberdayaan. Sehingga mereka bisa terlibat secara aktif,” beber Bahri.

Ditegaskan Bahri, melalui serangkaian langkah inisiatif tersebut, Dispora Kaltim bisa meraih hasilnya. Yakni kualitas dan partisipasi pemuda di Kaltim dapat terus meningkat.

“Kami yakin dengan pemuda yang berdaya akan memberikan dampak positif. Diantaranya akan meningkatkan kemajuan daerah tersebut di berbagai sektor pembangunan,” pungkas Bahri. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan