17/04/2024

Hotel Atlet Sempaja di GOR Kadrie Oening Tahun Depan Diaktifkan Kembali

0

Hotel Atlet Sempaja di GOR Kadrie Oening Tahun Depan Diaktifkan Kembali

SEKRETARIAT Dispora Kaltim yang mengelola semua aset Pemprov di lingkungan Stadion Kadrie Oening Sempaja.

AspirasiNews.id- Samarinda, Hotel Atlet Stadion Sempaja yang sekarang bernama Stadion Kadrie Oeneng dijadwalkan tahun depan alan diaktifkan kembali. Agus Hari Kesuma (AHK), Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim memberikan keteranganya. Diungkapkannya bahwa wacana tersebut memang ada. Kemungkinan akan terealisasi tahun depan.

BanKaltimtara / Bank Kaltim-Kaltara

“Insyaallah tahun depan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltim, Ibu Sri Wahyuni yang lebih paham,” ungkap Agus, Kamis (17/8/2023) usai Upacara 17 Agustus.

AHK menyebut, jika ingin mengoperasikan Hotel Atlet yang berlokasi di GOR Kadrie Oening itu, tentu diperlukan anggaran. Dalam hal ini, dia akan menunggu arahan dari Sekda Kaltim. Saat ini posisinya berada di dalam Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Beliau (sekda) TAPD kan, saya tinggal nyusun, kami maunya seperti ini. Jadi, bikin lagi Hotel Atlet. Kalau perlu kami serahkan ke pihak ketiga,” urai Agus.

AGUS Hari Kesuma (AHK) Kepala Dispora Kaltim memberikan keterangan pada awak media.

Rencana untuk menyerahkan pengelolaan Hotel Atlet ke pihak ketiga itu AHK menegaskan hotel tersebut harus diperbaiki terlebih dahulu. Sehingga, pemanfaatan hotel akan lebih terarah.

“Kalau pemanfaatannya, yang jelas di situ nanti ada hotel, ada seperti tenant kopi. Jadi kalau misal lagi lari, bisa mampir ke tenant-nya atau bisa jadi mal,” ujar AHK lagi.

Disinggung mengenai wacana Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim yang juga hendak mengelola Hotel Atlet, Agus mengaku tak masalah. Menurutnya, hal tersebut sah-sah saja karena Hotel Atlet merupakan aset Pemprov Kaltim.

SITUASI Hotel Atlet di Stadion Sempaja yang sekarang Stadion Kadrie Oening

“Bisa saja (DPK Kaltim mau mengelola Hotel Atlet). Itu kan aset Pemprov Kaltim. Cuma memang perlu dikaji lagi, karena di kompleks (GOR Kadrie Oening) ini sumber pendapatan pemprov,” tegas Agus.

Sehingga, seandainya Hotel Atlet ditempati oleh DPK Kaltim dan bisa menghasilkan pendapatan untuk Pemprov Kaltim, maka Agus mempersilakan saja. Namun dia mengembalikan ini kepada Pemprov.

“Ini bergantung ke Pemprov Kaltim. Terutama ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kaltim,” tambah dia.

KONDISI tampak dalam Hotel Atlet Stadion Kadrie Oening Sempaja belum lama ini yang dulu digunakan fasilitas atlet PON 2008 silam.

Agus mengakui, sudah sejak lama Pemprov Kaltim berkoordinasi dengan Dispora Kaltim terkait wacana pengaktifkan kembali Hotel Atlet. Namun, anggaran memang belum mencukupi. Sehingga, perencanaan untuk perbaikan Hotel Atlet diperkirakan akan mulai pada tahun depan.

“Ini kan anggaran Kaltim agak lumayan, sehingga disepakati untuk dipelihara kembali, didesain dikembalikan seperti semula lah. Baru nanti kami tawarkan ke pihak ketiga,” beber AHK.(adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan