29/05/2024

DPRD Samarinda Didatangi Puluhan Mahasiswa FKIP Unmul

0

DPRD SAMARINDA DIDATANGI PULUHAN MAHASISWA FKIP UNMUL

ABADIKAN Komen bersama usai diskusi antara FKIP Unmul dengan DPRD Samarinda.

AspirasiNews.id, Samarinda-DPRD Kota Samarinda Selasa (23/5/2023) menerima kunjungan puluhan mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul). Yakni Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unmul Samarinda. Dilaksanakan di Ruang Rapat Gabungan Lantai II, Gedung DPRD Kota Samarinda Jalan Basuki Rahmad.

Kunjungan Mahasiswa Semester VI Kelas A dan B FKIP Unmul ini untuk berdiskusi mengenai pengelolaan APBD dan kebijakan ekonomi publik di Kota Samarinda.

Diskusi dipimpin Ketua DPRD Kota Samarinda, Sugiyono didampingi Anggota Komisi I, Nursobah dan Joni Sinatra Ginting serta Anggota Komisi II, Abdul Rofik.

SUGIYONO saat keterangan pers usai diskusi dengan mahasiswa FKIP Unmul.

Dalam kesempatan itu, Sugiyono menjelaskan fungsi DPRD. Yaitu legislasi, anggaran, dan pengawasan.

“Adik-adik supaya mengetahui fungsi DPRD dalam masalah legislasi, anggaran dan pengawasan,” sebut Sugiyono.

SUASANA diskusi di Ruang Rapat Lantai II Gedung DPRD Samarinda bersama puluhan mahasiswa Unmul.

Sugiyono juga memaparkan mengenai peran DPRD yang nantinya akan difungsikan dalam penyusunan APBD.

Ia menyebutkan salah satunya yaitu melalui serap aspirasi (reses) bersama masyarakat.

KEDATANGAN puluhan masiswa FKIP Unmul Semester VI ini untuk mengajak diskusi pengelolaan APBD dan kebijakan ekonomo di Samarinda.

Kegiatan reses ini juga dapat diikuti oleh mahasiswa untuk memberikan aspirasinya kepada DPRD.

“Kita mengadakan reses yang mana di dalam 1 tahun itu anggota DPRD turun reses sebanyak 3 kali. Di dalam 4 bulan sekali itu turun. Anggota DPRD menyerap aspirasi dari masyarakat,” paparnya.

VIDEO DPRD SAMARINDA DIDATANGI PULUHAN MAHASISWA FKIP UNMUL

Sugiyono menguraikan beberapa hal yang dapat menjadi aspirasi masyarakat ataupun mahasiswa dalam reses tersebut.

“Di mana aspirasi itu namanya aspirasi adalah barangkali kenapa di jalan itu sering banjir atau di jalan saya ini rusak. Bahkan di jalan saya itu kok gelap. Itulah tugas daripada penyerapan aspirasi anggota DPRD melalui reses,” jelasnya.

Politikus PDIP ini menyebutkan dalam reses tersebut akan diambil masukan dan saran dari masyarakat. Yang mana masukan ini akan diteruskan dan ditindaklanjuti sesuai kewenangan dan aturan yang belaku.

Sugiyono berharap diskusi bersama ini dapat membawa manfaat bagi mahasiswa untuk menjadi perbandingan dan pengetahuan mengenai APBD.

“Harapannya setelah lulus paling tidak mengetahui pengelolaan anggaran di Kota Samarinda ini pertama dari apa, untuk bekal setelah lulus atau sebelum lulus bisa menjadi perbandingan tentang pengetahuan mengenai APBD,” tutupnya.(adv/adm1)

Tinggalkan Balasan