27/07/2024

Bupati Resmikan Kantor Baru UPT P4 Long Mesangat, Dorong Hasilkan SDM Pertanian Kompeten

0
Bupati Kutim Resmian Kantor UPT Penyuluhan, Pertanian, Peternakan dan Perkebunan (P4)

Momen peresmian Kantor UPT Penyuluhan, Pertanian, Peternakan dan Perkebunan (P4) oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman. Wahyu)

AspirasiNews.id, Long Mesangat- Kecamatan Long Mesangat, Kutai Timur (Kutim), kini telah memiliki Kantor UPT Penyuluhan, Pertanian, Peternakan dan Perkebunan (P4) yang baru. Berlokasi di Desa Segoy Makmur, Kecamatan Long Mesangat. Kantor dengan bangunan permanen yang representatif itu diresmikan oleh Bupati Kutim, H Ardiansyah Sulaiman pada Senin (29/1/2024) lalu. Dijadwalkan kantor tersebut kedepannya bakal menjadi tempat pelatihan bagi penyuluh dan petani se-Kutim.

BANK KALTIM KPR

Dalam peresmian itu Bupati Ardiansyah Sulaiman berpesan, agar kantor baru ini bisa memberikan manfaat maksimal. Terutama bagi masyarakat Long Mesangat. Khususnya dalam peningkatan keunggulan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pertanian di Kutim.

“Pemerintah mempunyai kewajiban untuk menyiapkan sarana dan prasarana. Maka dari itu, mari kita siapkan diri kita dengan kekayaan sumber daya alam yang ada. Pasti bisa meningkatkan pertanian di Kutim,” jelas Ardiansyah.

Diuraikan Ardiansyah, sebenarnya yang paling berperan penting di Kutim adalah pertanian. Meskipun Kutim memiliki sumber daya alam lainnya. Bahkan saat ini Kutim masih ditopang oleh pertambangan dan perkebunan sawit. Namun pertanian kedepa akan menjanjikan.

“Hari ini esok dan selanjutnya kita merencanakan. Kami berharap 10 sampai 20 tahun ke depan tak hanya terkenal dengan tambang. Tetapi pertaniannya mampu memberikan kontribusi dalam kesejahteraan masyarakat,” ujar Ardiansyah.

Ardiansyah juga mengajak kepada seluruh staf UPT P4, agar segera menggunakan dan merawat kantor itu seperti rumah sendiri. Meskipun belum lengkap sarana dan prasarananya.

Sementara Kepala UPT P4 Long Mesangat, Hendri Manurung mengatakan lahan kantor yang ia pimpin awalnya seluas 5 hektare dan kantor berdiri pada 1997 dari DAK. Namun dari tahun 2000-an pihak mengusulkan pembangunan kantor baru.

“Alhamdulillah, tahun ini baru terlaksana pembangunan di kantor ini dan akhirnya diresmikan oleh Bapak Bupati,” ucapnya.

Ia menguraikan pembangunan kantor ini dibangun dengan dana APBD sebesar Rp 700 juta. Dia juga berkomitmen dengan adanya kantor baru ini memberikan suasana semangat baru bagi para staf UPT.

“Kami mempunyai personel penyuluh 12 orang yang mewakili 7 desa. Kami berharap sarana dan prasarana pendukung untuk bekerja lebih dilengkapi,” terangnya. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan