17/04/2024

PERAN utama BPVP sangat vital dalam penyiapan tenaga SDM lokal secara kompeten mengisi pembangunan dan berbagai jabatan tenaga kerja di IKN 

FGD Kemenaker-Bapenas dengan Dunia Usaha-Industri di Kaltim

Samarinda, Aspirasinews.id -Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Samarinda terus menyiapkan putra-putri daerah Kaltim untuk berperan dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). Terlihat terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan mulai dari materi ajar hingga peralatan praktik. Sehingga sarana-prasarana penunjang untuk memperdalam keahlian di berbagai bidang.


Tidak hanya itu, BPVP Samarinda, Kamis (31/3) pagi tadi juga mengadakan Forum Group Discussion (FGD) bagi semua elemen yang terkait di Kaltim. Mulai dari dunia usaha-industri dan lembaga pendidikan. Dilaksanakan di Aula BPVP Samarinda Jalan Untung Suropati dan diikuti oleh puluhan perwakilan dari instansi terkait. Bertujuan untuk menyiapkan SDM Kaltim agar punya peranan dalam pembangunan IKN.

LENGKAP dan memadahi. Pengecekan pada anak didik yang praktik juga dilakukan guna memastikan semua siap bangun IKN


Dirjen Binalavotas, Budi Hartawan, mengatakan pelaksanaan Pelatihan Vokasi untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di IKN. Ini merupakan bentuk implementasi dari lompatan transformasi BLK/BPVP dan link and Match ketenagakerjaan, yang saling terintegrasikan satu dengan lainnya.

LENGKAP dan moderen. Suasana ini terlihat saat para pejababat cek peralatan praktik simulator akat berat

“FGD ini mengundang seluruh stakeholder terkait di Kaltim untuk melakukan diskusi pengumpulan data, informasi, penelitian dalam menuju pembangunan IKN. Kemudian mengajak mereka untuk berperan aktif dalam menyiapkan SDM. Jadi bisa sinergi antara pemerintah pusat, kementrian tenagakerjaan dan pemerintah daerah,” jelas Direktur Ketenagakerjaan Kementerian PPN/Bappenas, Mahatmi P Sarong pada AapirasiNews.id

PEJABAT Kemenaker dan Bapenas serta stakeholder dunia usaha-industri di Kaltim sinergi siapkan SDM Kaltim dalam FGD Kemarin

Tambah Mahatmi, para stakeholder terkait lainnya yakni dunia usaha-dunia Industri (Dudi) dan lembaga pendidikan di daerah harus sinergi. Agar lebih cepat dalam mencetak SDM kompeten. Sehingga kedepannya warga Benua Etam bisa berperan aktif dalam pembangunan konstruksi IKN.  Jadi pembangunan bisa digarap oleh warga lokal dan tidak perlu tenaga dari luar daerah.


“Pesan kami dari Bapenas agar warga sekitar tidak menjadi penonton. Bisa menyesuaikan dengan pembangunan IKN yang berkonsep moderen smart city tersebut,” ucap wanita yang biasa dipanggil Ami.


Acara yang dijadwalkan berjalan selama dua hari ini juga ada pemaparan oleh Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan, Prof Anwar Sanusi PhD secara daring. Juga tampak Ketua Forum Sosio Egineering Nusantara (FSEN) Kaltim, Heru Cahyono.

MAHIR operasikan alat berat. Para pejabat Kemnaker dan Dunia usaha industri kagum pada SDM anak didik di BPVP Samarinda ini.


Sekretaris Direktur Jenderal (Sesditjen) Binalavotas Kemnaker, Hery Budoyo sebagai pembicara. Menyampaikan FGD ini merupakan bentuk koordinasi dari hasil rapat di lingkup Bappenas. Yakni menyusun program dalam menyiapkan SDM di IKN sebagai pemuda nusantara. Sehingga mereka nantinya bisa mengisi kuota di berbagai jabatan kerja yang diperlukan di IKN.


“Tentunya ini diperlukan dukungan yang besar dari semua lapisan masyarakat dan stakeholder terkait agar semua bisa tercapai serta berjalan lancar sesuai rencana. Kedepan akan kami kawal dengan berbagai diskusi berkala yang dibarengi rencana aksi,” urai Hery Budoyo.

SERIUS bahas kesiapan cetak SDM lokal isi pembangunan di IKN dalam FGD kemarin.

Plt Kepala BPVP Samarinda, Amran ST menyatakan BPVP siap mensupport penuh dalam pembangunan IKN melalui penyiapan SDM sebagai tenaga kerja kompeten. Melalui program skill development center (SDC). Jadi FGD ini akan menyimpulkan berbagai poin rekomendasi untuk pembahasan lebih lanjut dalam memanfaatkan SDM Kaltim secara maksimal.(admin1)

KETRAMPILAN SDM Kaltim di BPVP Kaltim tidak perlu diragukan lagi

Tinggalkan Balasan