13/07/2024

14 Regu Meriahkan Kirab Pemuda Dispora Kaltim, Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-95

0
Dispora Kaltim

KIRAB Pemuda Dispora Kaltim dibuka oleh Sekdaprov, Sri Wahyuni (mengibarkan bendera start) dalam memeriahkan Hari Sumpah Pemuda dengan gerak jalan diikuti 14 regu sekolah se-Kaltim

DISPORA KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda – Kirab Pemuda garapan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim) Kamis (26/10/2023) resmi dibuka. Kegiatan yang di pusatkan di Lapangan Serba Guna, Komplek GOR Kadrie Oening Sempaja ini diikuti oleh 14 group. Kirab Pemuda berupa lomba Gerak Jalan antar sekolah ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) yang Ke-95 tahun 2023.

BANK KALTIM KPR

“Lomba Kirab Pemuda ini bagian dari rangkaian menyemarakkan Hari Sumpah Pemuda. Juga untuk meningkatkan dan mempererat kesatuan. Agar pemuda Kaltim bisa tangguh dalam menghadapi kegiatan-kegiatan yang sangat baik ini,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pemgembangan Pemuda Dispora Kaltim Rasman Rading mewakili Kepala Dinas (Kadis), Agus Hari Kesuma (AHK) di sela acara.

Diuraikan Rasman, bahwa semulanya Dispora Kaltim menargetkan 28 peserta pendaftar. Namun hingga akhir pendaftaran, yang tercatat hanya 14 group peserta dari SMA/SMK se-Kota Samarinda.

Lomba Kirab Pemuda 2023 dari Dispora Kaltim ini menyiapkan jumlah hadiah yang diperebutkan sekitar Rp 28 juta. Rasman akan menjadwalkan kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan berkelanjutan ke tahun-tahun yang akan datang.

“Mudah-mudahan kegitan seperti ini bisa terus belanjut ditahun depan. Dan, semoga bisa lebih meriah lagi. Tentunya akan kami dampingkan dalam rangkaikan hari peringatan lainnya,” urai Rasman.

Ditambahkan Rasman, dari 14 sekolah yang mendaftar ini satu regunya terdiri dari 22 orang. Kemudian pihaknya mengapa menarketkan ada 28 group karena bertepatan dengan tanggal pelaksaan Hari Sumpah Pemuda di 28 Oktober 2023.

Tetapi diakui Rasman kendala dalam pelaksaan selalu ada. Namun tidak menajdi penghalang suksesnya acara. Satu diantaranya karena kurangnya sosialisasi. Hal ini menjadi salah satu alasan tak tercapainya target yang sudah ditentukan sebelumnya.

“Kiran pemuda ini baru pertama kali kita lalukan. Ditambah lagi kurangnya sosialisasi ke sekolah-seklah. Jadi hanya 14 sekolah saja yang mendaftar mengikuti Kirab Pemuda ini,” beber Rasman yang juga ketua panitia acara.

14 REGU gerak jalan memeriahkan Kirab Pemuda Dispora 2023 di Lapangan Stadion Kadrie Oeining Sempaja Samarinda rangkain Hari Sumpah Pemuda Ke-95

Rasman menjelaskan, dengan adanya Kirab Pemuda ini, peserta bisa memiliki rasa kebersamaan, persatuan dan kekompakan. Hal semacam ini juga merupakan bagian dari kebugaran tubuh bagi para pemuda. Panitia juga ingin mengukur dan melihat sejauh mana ketahanan kesehatan mereka. Sehingga bisa terlihat kesehatan dari bukti fisik dari anak-anak yang menjadi peserta Kirab Pemuda ini.

“Disini kita mau melihat kesehatan fisiknya, apakah fit atau tidak. Apakah mereka siswa rebahan atau bukan. Jadi bisa dilihat dari sisi karakter dan dari sisi daya saing skill,” imbuhnya.

Kegiatan makin berkesan karena dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni didampingi Kadispora AHK. Sekda juga menyampaikan apresiasinya pada kegiatan yang berlangsung untuk merangsang potensi dari para pemuda ini.

Sri Wahyuni berpesan agar pihak Dispora menjadikan event ini sebagai agenda rutin. Di mana saat ada kegiatan Kirab Pemuda juga dirangkai dengan berbagai kegiatan tambahan. Jadi lomba-lomba lainya untuk pemuda makin banyak dan peserta juga meningkat.

“Apalagi disini ada banyak tenan-tenan dari berbagai kabupaten/kota yang ada di Kaltim. Kalau tidak salah ini minusnya peserta dari Mahulu dan Kutai Barat (Kubar). Kita harapkan peserta Kubar-Mahulu bisa bergabung pada tahun depan,” pesan Sekda pada peserta.

Diinformasikan untuk rute Kirab Pemuda Dispora Kaltim 2023 ini mulai dari Lapangan Serba Guna Hotel Atlet. Menuju Jalan M Yamin ke Mall Samarinda Square eks Robinson, putar balik di Jalan Wahid Hasyim. Selanjutnya menuju Jalan PM Noor dan masuk ke-GOR Kadrie Oening Pintu Belakang dengan finish di Halaman Kantor Dispora Kaltim. (Adv/Adm)

Tinggalkan Balasan