28/05/2024

Edukasi Danau Pinang Bahari dikunjungi Ratusan Murid SD Kristen Sunodia

0

AspirasiNews.id, Samarinda-Lokasi Wisata Edukasi Danau Pinang Bahari (WED-PB) yang terletak di Perum Pinang Bahari Jl APT Pranoto Samarinda Seberang ini Rabu (13/9/2023) tadi pagi kembali mendapat kunjungan ratusan tamu spesial. Yakni dari SD Kristen Sunodia Samarinda Jl Kartini Nomor 112A Sungai Pinang. Mereka berjumlah 84 murid kelas I dan orang tua sebanyak 30 serta guru pendamping ada 5.

BanKaltimtara /Bank Kaltim-Kaltara

Tujuan kedatangan anak SD ini untuk mengenal lingkungan alam lebih dekat. Juga meningkatkan pemahamanan dan pengetahuan serta pengenalan lingkungan sekitar pada anak usia dini. Agar mereka bisa lebih menghargai alam. Sekaligus untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berprinsip edukasi berbasis lingkungan dan alam.

ORANG tua terus mendampingi putra-putrinya saat wisata edukasi di Danau Pinang Bhari untuk memastikan lokasinya aman dan layak.

“Kami mengajak para murid kelas I SD Kristen Sunodia  Samarinda ini untuk lebih dekat dengan lingkungan dan alam. Disini juga kita kenalkan danau alami yang tidak jauh dari kota. Kemudian disini juga ada pembibitan dan peternakan ikan. Ini sebagai edukasi dan pengalaman sangat berharga bagi mereka,” jelas Beda Arini MPd, Kepala SD Kristen Sunodia Samarinda didampingi tim yayasan.

GURU pendamping terus mengarahkan dan memberikan instruksi agar bisa menikmati suasana edukasi.

Badan Pengelola Danau Perum Pinang Bahari M Halil di dampingi H Suyitno cukup senang dan mengapresiasi dari Yayasan Pendidikan Kristen Sunodia (YPKS) Samarinda itu. Karena sudah mengajak murid SD usia dini untuk lebih mengenal alam dan lingkungan. Diyakini kegiatan semacam ini bisa dicontoh dan dilakukan oleh lembaga pendidikan lainnya di Samarinda maupun Kaltim. Karena edukasi itu memberikan pengalaman berharga bagi anak-anak kelak dewasa.

SUASANA asri dan rindang saat pagi begitu terasa di Danau Pinang Bahari ini diakui orang tua serta guru.

“Disini kami juga memberikan pemahaman tata cara mengelola dan merawat danau alami ini sejak lama hingga saat ini menjadi tempat lokasi wisata edukasi. Diperlukan kerjasama dan perhatian serius agar manfaatnya bisa dirasakan warga sekitar,” kata Halil.

BEDA Arini MPd, Kepala SD Kristen Sunodia Samarinda berlatar belakang Wisata Edukasi Danau Pinang Bahari (WED-PB)

Saat di danau mereka juga diinformasikan manfaat keberadaan danau selain sebagai tempat wisata. Diantaranya danau adalah tempat hidup dan berkembang biak berbagai jenis ikan serta hewan air mapun tumbuhan. Sehingga suasanya jika dirawat dan di jaga akan menjadi asri dan burung-burung akan berdatangan.

RATUSAN pengunjung dari murid SD Kristen Sunodia Samarinda ke Danau Pinang Bahari ini begitu antusias mengenal alam serta lingkungan.

Disini pengelola juga mengajak murid untuk menjaga kebersihan dengan edukasi tara cara kelola sampah yang baik dan benar. Agar mereka bisa tertib membuang sampah pada tempatnya. Hal inilah yang menjadi poin utama menjaga lingkungan dan alam dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

PEMBIBITAN dan peternakan ikan Koi serta Patin dikelola dengan modern dan sesuai dengan kebutuhan pasar.

“Setelah edukasi danau selesai ratusan pengunjung ini kami arahkan ke pembibitan dan peternakan ikan di sebelah danau. Ikan koi dan patin dengan pengelolaan secara modern serta sesuai dengan peraturan. Sehingga menghasilkan bibit ternak yang unggul sesuai kebutuhan nilai konsumsi gizi,” urai Halil.(Adm1)

Tinggalkan Balasan