29/05/2024

PAMA ABKL Raih ISSF 2022

0

IGNATIUS Rinaldi (tengah) menerima penghargaan piagam nasional dalam memajukan desa berdaya saing.

Program CSR dalam Pengembangan Desa Berkelanjutan Ring-1 Desa Batuah Kukar

Samarinda, AspirasiNews.id -PT Pamapersada Nusantara (PAMA) distrik ABKL raih Penghargaan ISSF 2022 Tingkat Nasional dari Kementerian Desa PDTT. Yakni dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bersama Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF) pada Kamis (23/6/2022) lalu. Acara perdana kedua intansi ini bernama “CSR dan Pengembangan Desa Berkelanjutan Awards 2022”.

Acara tersebut dihadiri secara langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar, Ketua umum ISFF Sudarmanto. Juga sejumlah undangan lainnya dari berbagai stakeholder baik perusahaan peserta maupun kementerian terkait lainnya.

BERBUAH manis. Konsisten PAMA ABKL dalam memberikan pembinaan pada UMKM dan Desa Wisata di Ring-1 wilayah kerjanya kini mendapatkan penghargaan tingkat nasional.

Penganugerahan penghargaan ini melibatkan sebanyak 63 perusahaan. Dari BUMN dan swasta serta 1 yayasan. Kesemuanya mengikuti prosesnya senjak Februari 2002. Mulai tahap pendaftaran, pengumpulan dokumen dan presentasi, penilaian hingga kunjungan lapangan bagi kandidat golddan penganugerahan penghargaan. Terdapat 88 program yang mendapatkan penghargaan. Kategori 22 Gold, 53 Silver, 13 Bronze serta 4 perorangan dengan kategori 3 Excellent dan 1 Outstanding.

“Pemerintah akan terus memberdayakan ekonomi pedesaan. Satu diantaranya melalui pengembangan program desa wisata termasuk desa wisata alam. Melalui pemberdayaan manusianya serta pemberdayaan UMKM,” jelas Ma’ruf Amin dalam sambutannya.

Ma’ruf Amin juga menegaskan bahwa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan pusat perkembangan pembangunan Indonesia dimasa mendatang. Juga menjadi titik awal bagi kemajuan bangsa. Untuk itu Ma’ruf Amin mengajak peran serta segenap korporasi agar mau menyisihkan sebagian dana CSR-nya demi kemajuan sebuah desa melalui pengembangan BUMDes.

“Banyak desa wisata baru yang bisa diciptakan. Selain membutuhkan dukungan pemerintah, tentu sumbangsih perusahaan melalui dana CSR sangat membantu. Terutama dalam pembentukan desa wisata baru. Kami mengapresiasi atas digelarnya awards ini,” ungkap Ma’ruf.

PEMBINAAN BUMDes dengan wisata Desa Putak di Kukar ini terus dilakukan secara berkesinambungan lewat CSR-nya. Jadi sudah sepatutnya PAMA ABKL mendapatkan penghargaan bidang CSR.

Hal senada juga diungkapkan oleh Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar atas terselenggaranya acara ini dimana dengan pemberian penghargaan ini. Justru memancing perusahaan dalam memberikan berbagai dukungan kepada desa-desa sekitar agar lebih berkembang dan maju.

“Pertama saya melihat harapan itu kini menjadi sebuah kenyataan. Dimana cukup banyak perusahaan yang mau berkontribusi dalam memajukan desa,” tutur Abdul.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh CSR & External Relation PT Pamapersada Nusantara distrik ABKL, Ignatius Rinaldi Sitompul. pada kesempatan kali ini mendapatkan penghargaan Bronze untuk Pembinaan Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) Desa Batuah Prima Mandiri.

INDIKATOR raihan juara level nasional PAMA ABKL sudah banyak bukti dan aksinya. Satu diantaranya adalah kegiatan pembinaan UMKM dan tidak lupa dokumentasi serta publikasi yang tepat.

Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah nasional kepada perusahaan yang melakukan pembinaan Bumdes di Desa Ring 1 operasional perusahaan. Semoga apresiasi yang di berikan oleh pemerintah dapat memberikan semangat kontribusi dari perusahaan dalam program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat melalui Bumdes.

“Kami terus lakukan pembinaan yang benar dan baik sesuai kebijakan perusahaan kepada Bumdes. Kita berharap Bumdes bisa memiliki kemapuan yang lebih dan daya saing dalam menjadi mitra di perusahaan,” harap Ignatius Rinaldi.(adm1)

Tinggalkan Balasan