30/11/2023

Melalui Aspirasi Hetifah, 11.156 Siswa di Samarinda Terima Bantuan PIP

0

Samarinda – Sebanyak 11.156 siswa jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK di Samarinda menerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) jalur aspirasi.

Penyerahan bantuan PIP ke Dinas Pendidikan (Disdik) Samarinda itu dilakukan oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian, Jumat (20/8/2021) secara daring.

Kepala Disdik Samarinda Asli Nuryadin mengatakan, di Kota Tepian terdapat 135 ribu siswa. 2020, ada 17.398 siswa SD dan 6.000 siswa SMP yang mendapat bantuan PIP.

Pencairan dana PIP tahap pertama 2021, terdaftar 6.830 siswa SD dan 2.675 siswa SMP.

Asli menyebutkan, pencairan PIP melalui mekanisme yang diatur pemerintah. Dana diambil sekolah melalui delegasi. Proses pencaiaran ini dipantau tim khusus dan langsung diserahkan ke siswa.

“Kami juga minta supaya bantuan PIP tidak lama di bank. Sekolah harus sosialiasi ke orang tua secepatnya,” jelas Asli.

Dia menegaskan, sekolah harus jujur selama membantu proses pencairan dana PIP. Disdik Samarinda berharap sekolah dapat menjaga kepercayaan dan tidak melakukan penyelewengan tanggung jawab.

“Sepele tapi sering terjadi. Tolong ikhlas membantu siswa, mereka yang berhak menerima. Ada risiko juga dengan metode kolektif. Jadi kejujuran pihak sekolah selalu kami tekankan,” tegas Asli.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengatakan, dirinya berharap melalui beasiswa yang dicairkan tersebut dapat membantu siswa yang terdampak perekonomiannya akibat pandemi Covid-19. Beasiswa PIP 2021 tahap pertama diberikan ke 50.459 siswa jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK di Samarinda.

“Nanti kalau masih ada dana untuk tahap kedua, akan diperpanjang hingga 27 Agustus. Silakan sekolah dan orang tua agar terus memantau informasi dari kami di Hetifah Scholarship Association,” kata Hetifah.

Dikatakan Hetifah, terdapat mekanisme yang berbeda dalam penyalurkan bantuan PIP 2021. Surat keputusan pemberian bantuan dibagi menjadi dua. SK pemberian ke penerima dengan nomor rekening yang telah aktif dan SK nominasi ke siswa yang belum memiliki rekening atau harus mengaktivasi rekening.

selengkapnya https://kaltimtoday.co/lewat-aspirasi-hetifah-11-156-siswa-di-samarinda-terima-bantuan-pip/

Tinggalkan Balasan